Rabu, 31 Januari 2024

Informasi Produksi Moero!! Robocon

31 Januari 1999, tokusatsu produksi Toei ini memulai episode perdananya. 


Proyek Buat Ulang Tokusatsu Terdahulu

Sesuai namanya, karya ini adalah remake (buat ulang) dari Ganbare!! Robocon yang dahulu tayang pada tahun 1974. Selepas serial Metal Hero selesai pada Tetsuwan Tantei Robotack, slot penayangan hari Minggu pukul 8:00 pagi di TV Asahi setelah serial Super Sentai ini menjadi kosong sehingga diisi karya ini. Penayangan Robotack dikurangi sekitar satu bulan dari rencana karena ingin membuat Moero!! Robocon tayang berdekatan dengan satu tahun sejak Shotaro Ishinomori, sang kreator, wafat. 

Moero menjadi karya pertama berdasarkan karya Ishinomori yang diproduksi sepenuhnya setelah kepergian beliau. Voicelugger yang sudah tayang beberapa hari sebelumnya memang sebagian besar diproduksi setelah wafatnya Ishinomori, tapi beliau masih sempat mendesain karakternya terlebih dahulu. Produksi ditetapkan pada pertengahan tahun 1998, dan karena ini versi Ganbare tercantum dalam Kalender Popularitas TV tahun 1999, sebelum Moero mulai tayang.


Ide Buat Ulang Yang Baru Terealisasikan

Ishinomori sebenarnya sudah punya ide untuk remake Robocon pada awal tahun 1990an. Pada waktu berdekatan, proyek remake Jinzo Ningen Kikaider juga sedang berjalan. Proyek remake Kikaider akhirnya menjadi film Jinzo Ningen Hakaider dan novel KIKAIDER 00, tapi mayoritas staf Toei awalnya mengatakan mereka tidak ada keinginan untuk remake Robocon.

Namun, wafatnya Ishinomori pada Januari 1998 dan kepopuleran Robocon di Asia Timur yang merambah ke Jepang, dipercaya mempengaruhi dibuatnya karya ini. Produser Yuji Kojima mengatakan, "Mengikuti B Robo Kabutack dan Tetsuwan Tantei Robotack, kami memutuskan untuk kembali ke akar Robocon untuk menghasilkan versi definitif dari genre tersebut." Selain itu, karena suasana pada saat perencanaan mirip dengan saat Ganbare dahulu yaitu situasi sosial sedang kelam dan mencerminkan resesi, idenya adalah untuk "menyingkirkan situasi sosial yang kelam dengan tertawa."


Perbandingan Kedua Robot "Bernyali"

Sebagai sebuah remake, tentu saja akan ada beberapa perbedaan dengan versi sebelumnya. Dari segi desain, sekilas kedua versi Robocon ini hampir tidak ada bedanya, tapi secara bentuk versi Moero terlihat lebih dinamis dibandingkan versi Ganbare. Perbedaan paling terlihat adalah versi Moero memiliki tambahan detail lampu depan seperti pada mobil di bagian kiri dan kanan pinggangnya, dan kakinya berwarna kuning agar serasi dengan warna tangannya. Mengenai sumber tenaga, versi Ganbare menggunakan bensin, sedangkan versi Moero menggunakan listrik.

kiri-kanan; Robocon versi Ganbare dan Moero

Dari segi latar belakang karakter, kedua Robocon tidak jauh berbeda, keduanya sama-sama menceritakan tentang seorang robot yang menjadi siswa di sekolah robot. Robocon adalah robot kelas G yang ditugaskan pada sebuah keluarga (yang ditetapkan melalui undian) untuk membantu mereka dalam berbagai hal. Aksi semua siswa sekolah robot setiap hari akan dinilai oleh Gantz-sensei, dimana yang mendapat 100 poin akan dihitung sebagai Heart Mark, yang jika terkumpul 10 Heart Mark maka akan lulus sebagai robot kelas A. Karena ini adalah acara komedi, setiap penilaian Robocon lebih sering mendapat 0 karena berbagai alasan.

Namun gayanya juga sedikit berubah, mungkin karena latar belakang sejarah. Versi Ganbare memiliki kesan kurang positif terhadap siswa robot, yang tidak hanya tumbuh di sekolah robot yang berbeda tetapi juga tidak memiliki kesempatan untuk berpartisipasi. Sedangkan karya ini memiliki lebih banyak cerita tentang saling membantu dan kerjasama, dan lebih berorientasi pada drama dan gaya komedi yang menghangatkan hati. 

Sama seperti versi Ganbare, Moero juga menampilkan tokoh utama perempuan yang wujudnya menyerupai manusia. Pada Ganbare ada Robin yaitu robot dari luar angkasa, sedangkan Robina di Moero adalah robot dari Bumi seperti teman-temannya. Produser Kojima mengatakan alasan Robina dibuat menjadi robot sepenuhnya tanpa unsur alien seperti Robin karena sudah ada unsur fantasi pada Kabutack dan Robotack, sehingga tujuannya adalah menghilangkan unsur tersebut.


Penutup "Trilogi" Robot Komedi

Karena tayang pada slot yang sama dengan Kabutack dan Robotack, Robocon jadi disebut-sebut sebagai karya ketiga dalam "trilogi" Robot Comedy, atau ada juga yang menyebut karya-karya ini sebagai Family Tokusatsu no Sekai (Dunia Tokusatsu Keluarga). Pada saat itu, status Kabutack dan Robotack masih diperdebatkan sebagai bagian dari Metal Hero atau bukan, karena menggunakan konsep robot maskot seperti Robocon versi Ganbare, yang menjauhi pendahulunya yang lebih mengarah ke henshin hero (pahlawan transformasi). Selain itu agak sulit untuk menjadikan Kabutack, Robotack dan Robocon dalam satu kelompok karya yang sama karena Robocon melibatkan Ishimori Pro, sedangkan kedua karya lainnya tidak.

Meski sama-sama menggunakan konsep robot maskot, pada dasarnya Kabutack dan Robotack tetap merupakan serial aksi seperti Metal Hero pendahulunya karena masih memiliki gimik transformasi, senjata, dan lain-lain. Robocon mempertahankan konsep acara komedi sebagai inti utama seperti pendahulunya, dan yang bisa dianggap sebagai gimik transformasi hanya saat dia melipat kakinya untuk menjadi roda agar bisa melakukan perjalanan jauh setara kecepatan mobil. Jika Kabutack dan Robotack banyak menggunakan CG (grafis komputer), Robocon tetap mengandalkan kostum dan properti fisik.


Penayangan Resmi

Pada awal tahun 2020, kanal Toei Tokusatsu World Official dibuka di Youtube dan menayangkan beragam tokusatsu Toei terutama yang era 90an kebawah, salah satu diantaranya adalah Moero!! Robocon. Kedua episode perdananya bisa ditonton dalam takarir bahasa Inggris.

Episode 1 - Jackpot!! Nyali Robot Kekuatan Penuh

Episode 2 - Tugas Pertama


Evaluasi

Moero!! Robocon populer diantara anak-anak. Acara ini ada di posisi 5 dalam Lima Peringkat Tontonan Anak Teratas, berdasarkan rating Riset Video untuk anak usia 3 - 12 tahun hanya di wilayah Kanto yang diterbitkan pada TV Station No. 16 tahun 1999. Karena generasi yang dahulu menonton versi Ganbare telah tumbuh dewasa dan menjadi orang tua anak-anak ini, acara ini dinikmati oleh dua generasi pada beberapa rumah tangga. Di sisi lain, Shinichi Moriyasu dari Bandai menyebut penjualan mainannya lesu.

Pada tanggal 10 Desember 1999, Moero!! Robocon VS Ganbare!! Robocon dirilis dalam format VHS dan Laser Disc. Sesuai judulnya, film ini mempertemukan kedua generasi Robocon, sekaligus mengkonfirmasi keduanya eksis dalam dunia paralel masing-masing. Robocon pertama kembali diisi suarakan oleh Keiko Yamamoto, dan Robin yang kini sudah dewasa masih tetap diperankan oleh Kaho Shimada.

Selepas selesainya acara ini, slot tayangan ini kembali diisi oleh waralaba tokusatsu Ishinomori; seorang "Pahlawan Baru, Legenda Baru." Natsuki Kato, pemeran Robina yang juga jadi peran drama televisinya yang paling pertama, nantinya akan memerankan pahlawan wanita pada tahun 2002. Slot tayangan ini bertahan sampai tahun 2008, karena dilakukan perpindahan bulan tayang perdana di tahun 2009.

21 tahun setelah Moero!! Robocon, sang robot kembali dalam sebuah film berjudul GanbaReiwa!! Robocon di tahun 2020. Judulnya berdasarkan era baru Jepang yaitu Reiwa yang telah dimulai sejak tahun 2019. Sutradara Hidenori Ishida dan penulis Yoshio Urasawa, yang juga terlibat dalam versi Moero, kembali berkerja sama untuk film ini.



Sumber

  • https://ja.wikipedia.org/wiki/%E7%87%83%E3%81%88%E3%82%8D!!%E3%83%AD%E3%83%9C%E3%82%B3%E3%83%B3
  • https://ja.wikipedia.org/wiki/%E3%83%AD%E3%83%9C%E3%82%B3%E3%83%B3_(%E3%82%AD%E3%83%A3%E3%83%A9%E3%82%AF%E3%82%BF%E3%83%BC)
  • https://dic.pixiv.net/a/%E7%87%83%E3%81%88%E3%82%8D%21%21%E3%83%AD%E3%83%9C%E3%82%B3%E3%83%B3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar