Kamis, 25 Januari 2024

Informasi Produksi Kamen Rider Decade

25 Januari 2009, Heisei Kamen Rider ke-10 ini memulai episode perdananya. 


Perayaan 10 Tahun Heisei Rider

Memasuki tahun 2009, Heisei Rider mencapai karya ke-10 sejak dimulai dengan Kamen Rider Kuuga pada tahun 2000. Fitur utama karya ini adalah sebuah crossover dengan karya-karya pendahulunya berdasarkan konsep "festival 10 tahun sekali." Konsep ini dilakukan karena meskipun penjualan produk karakter selama siaran TV kuat, penjualan karakter yang telah selesai ditayangkan tidak berjalan dengan baik, sehingga perusahaan ingin mengambil kesempatan ini untuk meningkatkan kesadaran akan karya-karya masa lalu.


Dimulai Sebagai Proyek Bukan Serial

Perayaan 10 tahun Heisei Rider ini awalnya akan dirayakan pada dua proyek; permainan kartu Kamen Rider Battle Ganbaride, dan sebuah film yang mempertemukan para Heisei Rider untuk bertarung bersama. Ganbaride yang mulai beroperasi pada Desember 2008 adalah salah satu produk Data Card Dass (DCD), yaitu merk mesin arcade berupa permainan kartu berdasarkan waralaba berkaitan dengan Bandai yang dimulai pada tahun 2005, dan menjadi mesin permainan kartu pertama bagi Kamen Rider. Selain itu, awalnya serial setelah Kamen Rider Kiva juga sudah disiapkan dan memiliki cerita tersendiri tanpa unsur pertemuan Rider pendahulu.

Berdasarkan pernyataan Kazuya Nishiura, seorang staf dalam perencanaan Ganbaride, permainan ini akan mengenalkan seorang Rider yang benar-benar baru dan hanya muncul pada mesin ini. Namun karena suatu alasan di dalam Bandai sebagai sponsor, konsep Rider eksklusif Ganbaride tadi dibuat menjadi serial televisi untuk mengisi waktu dari Januari sampai Agustus 2009. Akibatnya serial yang awalnya akan menggantikan Kiva diundur dahulu, tapi ini adalah bagian dari rencana yang akan dibahas nanti.

Nama Decade yang dalam bahasa Inggris berarti dekade (10 tahun) kadang disingkat menjadi DCD, sesuai dengan singkatan Data Card Dass.


Pahlawan Utama Dengan Warna Tidak Biasa

Karakter utama juga harus memiliki desain yang tidak akan terkubur di samping Kamen Rider pendahulu yang akan tampil bersamanya. Untuk warna utama, dicari warna baru yang bukan hitam, merah, emas, atau perak seperti yang sering digunakan pada Heisei Rider, dan dipilihlah warna magenta. Magenta, atau warna pink untuk yang lebih umum, memiliki kesan yang kuat untuk anak perempuan, namun pada tahun 2009, generasi bapak-bapak juga mulai menggunakannya untuk pakaian. Namun agar tidak terlihat terlalu imut, warna pink dibuat terjepit di antara hitam dan putih.

Daisuke Kobayashi, seorang desainer yang menyukai suasana gelap, menganggap kedua warna ini sudah cukup, namun Tsuyoshi Nonaka berkata, "Karena ini adalah pahlawan untuk anak-anak, mari jaga kecerahan dalam kesejukan," dan menambahkan garis putih di bagian akhir. Meskipun warna sudah berbeda dari Kamen Rider lainnya, garis desainnya ditujukan pada arah yang sederhana, dan bagian yang tidak berguna dihilangkan sebanyak mungkin. Keistimewaan desainnya adalah disertakan detail "X" yang berarti "peringatan 10 tahun." Untuk menunjukkan bahwa Decade adalah Rider bertema kartu, dia memiliki barcode di kepalanya, yang membuat motifnya tidak jelas.

Identitas Decade adalah Tsukasa Kadoya, dan nama Kadoya ini berasal dari Kaado-ya yang berarti toko kartu dalam bahasa Jepang. Hobinya yaitu memotret merupakan sebuah metafora dalam serial ini. Sutradara Ryuta Tasaki mengatakan, "Tsukasa memotret adalah satu-satunya cara dia menatap dunia adalah melalui lensa (kamera), memberi jarak antara dirinya dan dunia. Kunci dari karakter Tsukasa adalah meski rasa cintanya lebih dalam dari orang lain, pajanan dia lemah."


Perjalanan Antar Dunia Alternatif

Karena setiap Heisei Rider memiliki pengaturan yang berbeda setiap tahunnya, tidak seperti Showa Rider yang berada dalam satu kontinuitas, agak sulit untuk mengumpulkan setiap Rider yang pandangan dunianya berbeda. Karena itu, konsep Rider yang melakukan perjalanan melalui dunia paralel, yang menjadi salah satu kandidat konsep Kamen Rider Den-O semasa awal dibuat, diadopsi pada karya ini. Bicara soal Den-O, salah satu ide perayaan 10 tahun Heisei Rider adalah "Den-O 2," dimana dia akan mengendarai Den-Liner untuk berkeliling ke tahun dimana masing-masing Rider sedang aktif.

Setiap dunia yang disinggahi Decade merupakan versi alternatif dari dunia masing-masing serial Rider aslinya. Kisah setiap dunia bisa mirip aslinya, tapi dengan orang lain yang bernama mirip dengan pemeran berbeda. Sejak konferensi pers Decade yang paling pertama, sudah diumumkan bahwa Kamen Rider Kuuga pada karya ini adalah Yusuke Onodera (diperankan oleh Ryota Murai), bukan Yusuke Godai (Joe Odagiri) seperti aslinya. Sebagian besar Rider yang ditemui Decade di setiap dunia menggunakan tokoh dan pemeran berbeda, tapi sesekali muncul Rider aslinya meski hanya lewat mengisi suara, maupun pemeran asli sebagai tokohnya dahulu tapi dengan skenario berbeda karena berasal dari dunia alternatif.

Setelah menjelajahi 9 dunia Heisei Rider, dunia yang kemudian dikunjungi dibuat lebih bervariasi. Mulai dari dunia alternatif Natsumi Hikari dan dunia tempat asal Daiki Kaito/Kamen Rider Diend. Decade juga mengunjungi dunia Samurai Sentai Shinkenger, Sentai yang sedang tayang bersamaan waktu itu, yang menjadi pertemuan Kamen Rider dan Super Sentai secara resmi paling pertama, tidak lagi sekedar pada iklan dan promosi. Berdekatan dengan film musim panas All Rider VS Dai Shocker, dunia Showa Rider juga muncul yaitu BLACK RX/BLACK dengan Tetsuo Kurata kembali memerankan Kotaro Minami, dunia X-Rider yang hanya disebutkan sebentar karena menjadi tempat asal Apollo Geist sang antagonis utama, dan dunia Amazon versi alternatif.


Konklusi Yang Kontroversial

Episode terakhir di mana Decade mengalahkan Super Apollo Geist dan Rider Taisen dimulai dan diakhiri tanpa akhir pertempuran, diumumkan akan dilanjutkan oleh film baru yang akan dirilis pada 12 Desember di tahun yang sama. Menanggapi pertanyaan dari BPO (Broadcasting Ethics & Program Improvement Organization/Organisasi Peningkatan Etika & Program Penyiaran), TV Asahi menjawab bahwa bukanlah cara yang tepat untuk mengumumkan film setelah episode terakhir tanpa perbedaan yang jelas, dan sebagai tanggapannya, BPO memutuskan untuk memberi tahu stasiun untuk menghasilkan program dengan penuh pertimbangan.

TV Asahi menyatakan, "Dalam siaran reguler serial TV Decade sebelum episode terakhir, metode produksi yang digunakan adalah setelah satu episode berakhir, pratinjau "perjalanan" berikutnya tiba-tiba dimulai di akhir acara (Ringkasan Komite Penyiaran dan Pemuda ke-105),” jelasnya. Produser Shinichiro Shirakura juga menjawab dalam wawancara dengan Nikkan Saizo, "Adegan penutup dari episode terakhir adalah mimpi Natsumi di episode pertama yang menjadi kenyataan, dan episode terakhir dan episode pertama terhubung dalam hal arah, bukan sebuah koneksi ke film." Di sisi lain, menurut wawancara dengan Masahiro Inoue, pemeran Tsukasa/Decade, naskah yang diberikan kepadanya tidak bertuliskan "episode terakhir," melainkan bertuliskan "bersambung" di akhir.


Episode terakhir yang penuh gejolak seperti itu "dilakukan secara sadar" menurut Shirakura. Karya ini awalnya dibuat untuk menghubungkan minat penonton dengan program berikutnya, dan jika penonton berhenti menonton karena akhir yang bersih, tujuannya tidak akan tercapai. Adegan pratinjau pada episode terakhir sepenuhnya dibuat khusus sebagai pratinjau dan bukan potongan dari film karena syuting film Desember belum selesai, dan apa yang ditampilkan pada pratinjau sama sekali tidak ada dalam hasil akhir film. Adegan Tsukasa terjatuh di pinggir laut merupakan pengambilan gambar terakhir dari jadwal syuting serialnya.


Perubahan Jadwal Tayang

Setelah Kamen Rider (Sky Rider) di tahun 1979, serial TV Kamen Rider pada dasarnya mengadopsi sistem penyiaran satu tahun. Namun karya ini disiarkan dalam format khusus yang bertujuan untuk menggeser periode puncak cerita dan produk terkait karya selanjutnya dari Super Sentai, yang dimulai setiap bulan Februari, pada slot Super Hero Time yang sama. Total penayangan Decade adalah 31 episode, dan di antara serial TV Rider menjadi serial kedua dengan jumlah penayangan paling sedikit setelah Amazon (24 episode).

Alasan digesernya awal Rider dari pada Sentai ke musim gugur adalah karena Sentai merupakan pahlawan "dasar," sedangkan Rider lebih fleksibel. Keinginan untuk mengubah jadwal tayang perdana Rider dan Sentai agar tidak terlalu berdekatan sebenarnya sudah dipikirkan sejak awal penayangan Kuuga, tapi tertunda selama bertahun-tahun karena alasan seperti peraturan internal Toei terhadap tokusatsu. Perubahan jadwal ini terbilang berhasil, karena rata-rata penjualan Kamen Rider sangat meningkat sejak saat itu, melampaui 10 tahun sebelumnya.


Penayangan Resmi

Dalam rangka perayaan 50 tahun waralaba Kamen Rider di tahun 2021, setiap akhir minggu kanal Youtube resmi Toei Tokusatsu World Official mengunggah dua episode pertama setiap judul Kamen Rider dengan terjemahan bahasa Inggris termasuk Decade.

Episode 1 - Perang Rider


Episode 2 - Dunia Kuuga



Evaluasi

Penjualan serial Kamen Rider untuk tahun fiskal yang berakhir Maret 2010 adalah 17,5 miliar yen. Tapi ini termasuk penjualan program berikutnya yaitu Kamen Rider Double, sehingga penjualan Decade sebagai program mandiri tidak diketahui secara jelas.

Sebagai pelopor crossover Kamen Rider di era Heisei, Decade termasuk salah satu Rider yang sering kembali pada beberapa crossover berikutnya. Beberapa diantaranya juga mengembalikan aktor aslinya terutama Masahiro Inoue (Tsukasa/Decade) dan Kimito Totani (Kaito/Diend). Pada Kamen Rider Zi-O yang merupakan karya Heisei Rider ke-20, kedua Rider tersebut menjadi tokoh pendukung yang masuk ke dalam cerita, tidak seperti Legend Rider yang lain.


Sumber

  • https://www.kamen-rider-official.com/riders/10/
  • https://www.kamen-rider-official.com/columns/wiki/1719/
  • https://ja.wikipedia.org/wiki/%E4%BB%AE%E9%9D%A2%E3%83%A9%E3%82%A4%E3%83%80%E3%83%BC%E3%83%87%E3%82%A3%E3%82%B1%E3%82%A4%E3%83%89
  • https://dic.pixiv.net/a/%E4%BB%AE%E9%9D%A2%E3%83%A9%E3%82%A4%E3%83%80%E3%83%BC%E3%83%87%E3%82%A3%E3%82%B1%E3%82%A4%E3%83%89

Tidak ada komentar:

Posting Komentar