Rabu, 05 April 2023

Informasi Produksi Hikonin Sentai Akibaranger Season Tsu

5 April 2013, musim kedua dari Super Sentai "tidak resmi" ini memulai episode perdananya. Untuk pembahasan musim pertama bisa dilihat disini.


Kelanjutan Cerita Yang "Sakit"

Sekitar bulan Agustus 2012 setelah akhir musim pertama, rencana untuk kelanjutan Akibaranger mulai didiskusikan, termasuk kemungkinan bukan sekuel (secara cerita). Pada akhirnya, Season Tsu diproduksi sebagai sekuel berdasarkan jadwal dan keinginan Masato Wada, sang aktor utama pemeran Nobuo Akagi/Akiba Red. Sub-judul Season Tsu adalah permainan kata Two (angka 2 dalam bahasa Inggris) dan kanji 痛 (Ita) yang bisa dibaca sebagai Tsu, yaitu ungkapan sakit seperti "aduh!" dalam bahasa Jepang.

Dari segi konten, Season 1 menyertakan materi yang ditujukan untuk yang bukan fans tokusatsu dan peminat lainnya, namun di Season Tsu, materi Sentai sengaja dipertebal mengingat penonton sudah masuk ke "dunia" Akibaranger pada karya sebelumnya. Kemunculan Sentai resmi dalam musim ini menampilkan kisah mereka terkena alterasi secara misterius, mulai dari Gosei Sentai Dairanger yang menjadi Chuka Sentai Chinaman berdasarkan nama tentatif Dairanger, lalu Kyoryu Sentai Zyuranger menjadi Powerful Rangers sebagai parodi dari Mighty Morphin Power Rangers.

Dalam adegan yang menciptakan kembali karya masa lalu, tekstur komposisi film dan menggunakan teknik analog pada masa itu diproduksi kembali. Sutradara Ryuta Tasaki telah menyatakan bahwa niatnya adalah untuk menghidupkan kembali teknik masa lalu dan juga untuk memberikan gambaran tentang pola pikir pencipta kepada penonton. 


Sekuel Dengan Anggota Pengganti

Meski sebagai sekuel, cerita dimulai dengan cara membalikkan akhir Season 1, karena diputuskan bahwa tidak akan menjadi karya yang ceria dan menyenangkan jika pengembangan Season 1 dilanjutkan seperti semula. Nantinya akan dijelaskan mengapa bisa seperti ini menjelang akhir serial.

Karena Kyoko Hinami, pemeran Mizuki Aoyagi/Akiba Blue jadwalnya berhalangan untuk syuting Season Tsu, muncul Akiba Blue generasi kedua yaitu Luna Ishimizu yang diperankan oleh Shione Sawada. Jika Mizuki adalah gadis SMA sekaligus atlit bela diri yang tsundere, Luna adalah gadis idol. Sutradara Nobuhiro Suzumura menyebutkan kalau generasi kedua sebenarnya tidak ada dalam tahap rencana, sehingga ini murni karena halangan jadwal.

 

Perubahan Penampilan

Pergantian musim juga berarti pergantian penampilan, dimulai dari Akiba Yellow dan Blue memiliki sedikit perubahan pada kostum mereka. Helm Yellow tidak lagi memakai bentuk rambut twintail, tapi diganti menjadi sepasang chignon (sanggul). Helm Blue masih memiliki ekor poni tapi berbentuk huruf S, dan bagian (maaf) "celana dalam" tidak lagi ada gambar hewan, dan pahanya kini mengenakan garterbelt.

Akiba Red tidak banyak perubahan pada awal Season Tsu, tapi mengikuti para Sentai resmi, dia mendapat peningkatan berupa armor menjadi wujud yang disebut Super Akiba Red. Awalnya direncanakan ketiganya akan mendapat bentuk super, tapi karena salah satu peningkatan yang diusulkan untuk Red adalah desain Z-Cune Aoi yang memeluknya, mewujudkan gagasan bahwa "rasa sakit adalah kekuatan," hanya Red yang ditingkatkan.

Malshina sang antagonis kali ini turut mendapat Battle Version. Ide versi tempur ini sudah ada sejak Season 1, tapi tidak jadi karena Honoka, pemeran Malshina, bisa lebih banyak bergerak dari perkiraan. Kostum Battle Ver. awalnya akan menjadi body suit sepenuhnya seperti Catwoman di film The Dark Knight Rises, tapi jadi sama terbukanya dengan sebelum transformasi. Topengnya menggunakan bahan kulit seperti dalam Cho Ninja-tai Inazuma.


Staf Melanjutkan Dari Musim Pertama

Banyak diantara staf masih melanjutkan dari Season 1 dengan beberapa pengecualian. Produksi sebenarnya dimulai dari episode 4 dan 5 dimana sutradara Suzumura yang bertanggung jawab, karena Tasaki sebagai sutradara pilot (episode 1 sampai 3) sedang syuting drama televisi Kasoken no Onna.

Jika Season 1 ditulis oleh Naruhisa Arakawa dan Junko Komura, Season Tsu hanya mengembalikan Arakawa karena Komura menjadi salah satu penulis Kamen Rider Wizard yang sedang tayang juga, sehingga untuk pertama kalinya Arakawa menulis seluruh episode dalam sebuah produksi tokusatsu. Awalnya Arakawa dijadwalkan berpartisipasi dalam Season Tsu setelah menyelesaikan versi novel dari Kamen Rider Kuuga, namun karena menulis novel memakan waktu yang lama, beliau menulis kedua karya ini secara paralel.

 

Pasca Tayang

Meski para karakter dalam serial mengatakan keinginan akan sekuel, produser Jun Hikasa menetapkan karya ini sudah selesai dengan dua musim. Setelah itu Akibaranger kadang hanya muncul sebagai referensi kecil, mulai dari merchandise Ranger Key yang sengaja tidak bisa digunakan pada Mobirates dari Gokaiger karena mata kuncinya lebih tebal, lalu Ban/Deka Red meneriakkan "sakit adalah kekuatan," sesuai kata khas Akibaranger, pada film Space Squad: Uchu Keiji Gavan VS Tokuso Sentai Dekaranger.

Barulah pada film Kamen Rider + Super Sentai: Super Hero Senki, tokoh Zenkaizer dari Kikai Sentai Zenkaiger menggunakan Akibaranger Gear yang mengeluarkan bayangan ketiga Akibaranger versi Season Tsu, sehingga untuk pertama kalinya Akibaranger muncul dalam film Sentai utama. Pada tahun 2022 dalam rangka 10 tahun musim pertama Akibaranger, dirilis satu set Resoger Key dan Sesotai Gear, yang sesuai namanya adalah parodi dari Ranger Key dan Sentai Gear. Berbeda dari rilisan sebelumnya, Resoger Key bisa dipasang pada Mobirates MEMORIAL EDITION untuk mengeluarkan suara Akibaranger, begitu juga Sesotai Gear bisa dipasang pada DX Geartlinger.


Sumber

  • https://ja.wikipedia.org/wiki/%E9%9D%9E%E5%85%AC%E8%AA%8D%E6%88%A6%E9%9A%8A%E3%82%A2%E3%82%AD%E3%83%90%E3%83%AC%E3%83%B3%E3%82%B8%E3%83%A3%E3%83%BC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar