Rabu, 05 April 2023

Informasi Produksi Robot Keiji


5 April 1973, tokusatsu produksi Toei ini memulai episode perdananya. 


Detektif Robot Penginvestasi Kejahatan

Robot Keiji menjadi kembalinya tokusatsu Toei pada kanal Fuji TV setelah Kamen no Ninja Akakage pada tahun 1967. Sama seperti kebanyakan tokusatsu Toei pada tahun 1970-an, karya ini turut diciptakan oleh Shotaro Ishinomori. Judul pada tahap rencananya adalah Robot Keiji K2, kemudian menjadi Robot Keiji J (dibaca Joe), hingga akhirnya menjadi Robot Keiji saja. Meski begitu judul karya ini kadang salah sebut menjadi Robot Keiji K karena terdengar dalam lirik lagu temanya.


Bukan Pahlawan Manusia Transformasi

Kamen Rider yang lahir 2 tahun sebelumnya telah mempelopori Henshin Boom, yaitu istilah naiknya popularitas henshin hero (pahlawan transformasi) pada saat itu. Baik Toei maupun perusahaan lain turut membuat karya yang mirip dalam waktu berdekatan. Tapi, Robot Keiji memiliki suatu perbedaan yang mencolok dibandingkan henshin hero lain pada masanya.

Sang Robot Keiji yang bernama K ini tidak memiliki wujud manusia maupun melakukan transformasi, kontras dengan Kamen Rider (manusia dimodifikasi menjadi cyborg) dan Kikaider (android dengan samaran manusia). Produser Toru Hirayama sebagai perencana menyebutkan, "Saya memiliki sifat yang eksentrik, jadi saya berani membuat pahlawan yang tidak bertransformasi." Beliau juga mengatakan ada inspirasi dari novel The Caves of Steel karya Isaac Asimov

Pada dokumen rencana, tertulis "setelah Henshin Boom, akan ada Robot Boom." Kepopuleran anime Mazinger Z yang telah dimulai pada tahun 1972 turut dipertimbangkan. Karena itu salah satu rencana awalnya akan memunculkan robot raksasa Father yang akan bergabung dengan K, tapi akhirnya batal karena ingin menekankan aksi seukuran manusia. Sebagai gantinya ada Mother yaitu benteng tempat K memulihkan energi. 

Awalnya, seorang staf berkata, "Saya ingin memasang tanduk pada kepala K." Akira Takahashi, yang bertanggung jawab dalam desain, dan juga Ishinomori sama-sama dengan keras menentang gagasan tadi. Saat itu, Ishinomori bersikeras, "Itu tidak akan memunculkan kesedihannya," dan Takahashi kagum sambil mengatakan, "Anda memang seorang penulis."


Pembagian Aksi Investigasi & Pertarungan

Sebagai ganti aktor manusia dan transformasi, K tampil mengenakan jaket pada saat investigasi, lalu melepasnya untuk menampilkan tubuh robotnya ketika bertarung. Satu lagi ciri khasnya adalah penggunaan senjata api sebagai jurus pamungkas, yang bisa dibilang langka pada henshin hero saat itu.

Robot Keiji dengan sabuk J (tidak digunakan)
dan K (hasil akhir)

Meski nama J (Joe) tidak jadi digunakan, sempat ada sesi foto kostum Robot Keiji dimana sabuknya menggunakan huruf J yang dilakukan untuk pers pada Yomiuri Land di bulan Februari 1973. Nama J kemudian menjadi basis nama mobil K yang disebut Joker (Joe Car). Pada buku Chojin Gaho, disebutkan bahwa Joker terpengaruh oleh mobil patroli dari serial Captain Scarlett, tokusatsu boneka asal Inggris.

Naskah episode pertama ditulis oleh Masaru Igami sama seperti setiap tokusatsu dengan produser Hirayama. Namun di tahun itu dia juga sedang menulis Kamen Rider V3 dan Inazuman pada waktu yang bersamaan, sehingga total naskah Robot Keiji yang ditulis Igami hanya ada lima. Atsuo Okunaka, yang sudah terlibat dalam karya Toei Ikuta Studio sejak akhir serial Kamen Rider pertama dan bagian awal V3, menjadi sutradara episode pilot atas permintaan Hirayama. Okunaka tidak menganggap karya ini sebagai "cerita transformasi," tapi mengarahkan drama detektif seperti Tokubetsu Kido Sosa-tai.


Penayangan Resmi

Pada awal tahun 2020, kanal Toei Tokusatsu World Official dibuka di Youtube dan menayangkan beragam tokusatsu Toei terutama yang era 90an kebawah, salah satu diantaranya adalah Robot Keiji, dan kamu bisa menonton kedua episode perdananya dalam takarir bahasa Inggris.

Episode 1 - Salesman Pembunuh Dari BAD


 Episode 2 - Tidak Ada Saksi


 

Pasca Tayang

Robot Keiji selesai dengan total 26 episode yaitu sekitar setengah tahun. Meski bukan menjadi waralaba panjang seperti Kamen Rider, karya ini masih memiliki fans setia dan diingat di kemudian hari. Robot Keiji menjadi inspirasi bagi karakter Q yang pertama kali muncul dalam video game Street Fighter: The 3rd Strike, bisa dilihat dari segi penampilan maupun sifatnya.

Robot Keiji oleh
Eiichi Shimizu-Tomohiro Shimoguchi.

Pada tanggal 15 Januari 2014, diumumkan sebuah adaptasi Robot Keiji dalam bentuk manga yang akan dikerjakan oleh Eiichi Shimizu dan Tomohiro Shimoguchi yang dikenal lewat karya ULTRAMAN sejak tahun 2011. Sebuah trailer dengan potongan lagu tema aslinya yang dinyanyikan oleh Ichiro Mizuki turut ditampilkan di kanal Toei Tokusatsu Youtube Official. Sayangnya setelah itu tidak pernah terdengar lagi kabar selanjutnya, sehingga proyek kemungkinan besar dibatalkan.

Pada tahun 2023, film Shin Kamen Rider sekaligus manga pembuka ceritanya yaitu SHOCKER SIDE menampilkan seorang tokoh bernama K. Dia adalah robot yang selalu tampil dengan pakaian rapi layaknya K yang asli, bedanya disini dia bukanlah detektif.

 


Sumber

  • https://ja.wikipedia.org/wiki/%E3%83%AD%E3%83%9C%E3%83%83%E3%83%88%E5%88%91%E4%BA%8B
  • https://natalie.mu/comic/news/107804

Tidak ada komentar:

Posting Komentar