Sabtu, 22 Februari 2020

5 Tahun Shuriken Sentai Ninninger



22 Februari 2015, Super Sentai ke-39 ini memulai episode perdananya. 22 Februari juga merupakan Hari Ninja Nasional di Jepang, yang berasal dari tanggal dan bulannya yang memakai angka 2 (Ni).


Latar Belakang

Semenjak Hyakujuu Sentai Gaoranger, perayaan ulang tahun Sentai lalu dihitung dari urutan keberapa judul tersebut muncul; Gaoranger sebagai Sentai ke-25, Boukenger ke-30, dan Gokaiger ke-35. Tapi kali ini tahun 2015 dianggap merayakan ulang tahun Sentai ke-40, tepatnya 40 tahun semenjak Himitsu Sentai Goranger pertama kali tayang. Ini terakhir kali dilakukan pada Chouriki Sentai Ohranger di tahun 1995 yang merayakan 20 tahun Sentai.


Pra-produksi

Pada saat menentukan motif, salah satu yang diajukan adalah Sentai bermotif pekerjaan impian anak-anak, dimana nantinya akan dipromosikan dengan perusahaan sesuai pekerjaan masing-masing. Ada pula ide yang menggabungkan ninja dan pekerjaan, tapi kemudian hanya ninja yang dipilih karena sulit untuk mewujudkan motif pekerjaan.


Sebagai Sentai ketiga bertema ninja setelah Ninja Sentai Kakuranger dan Ninpuu Sentai Hurricaneger, Ninninger dibuat berbeda dari kedua pendahulunya. Para anggotanya didesain dengan sikap yang lebih "urakan," dimana konsep ninja disini lebih mendekati konsep ninja menurut Hollywood. Kata-kata "Shinobi yang tidak bersembunyi (Shinobi nare domo shinobanai)" merupakan salah satu ciri khas yang menunjukkan Ninninger tampil 180 derajat dari ninja biasanya.


Produksi

Sebelumnya sudah ada 3 Sentai dimana seluruh atau sebagian besar anggotanya adalah kakak-beradik dalam satu keluarga; Fiveman, Go Go Five dan Magiranger. Kali ini pada Ninninger, kelima anggota awalnya adalah saudara sepupu. Tadinya akan akan dibuat seluruhnya adalah saudara sepupu, tapi kemudian Takaharu Igasaki/Akaninger dan Fuka Igasaki/Shironinger dibuat menjadi kakak-adik kandung agar lebih menarik.


Kento Shimoyama, yang pertama kali menjadi penulis utama dalam judul ini, adalah murid dari Yoshio Urasawa yang dikenal lewat Fushigi Comedy dan Gekisou Sentai Carranger. Shimoyama memasukkan unsur multi-generasi pada judul ini untuk menarik perhatian 3 generasi dalam keluarga; kakek-nenek, ayah-ibu, dan anak-anak.

Shimoyama memiliki kebijakan untuk tidak membuat cerita yang mudah ditebak. Artinya judul ini menggunakan konsep "pilih sendiri petualanganmu" dalam ceritanya. Ada arahan utama tapi detilnya dibiarkan samar supaya cerita bisa bercabang menjadi arahan manapun berdasarkan kondisi produksi dan apa yang sudah terjadi pada episode terbaru.

Produser Naomi Takebe menginginkan adegan aksi yang mendorong batas yang bisa dicapai oleh tubuh manusia. Meski ada penggunakan tali, tapi mayoritas adegan akrobatik seperti flip dan berputar dilakukan sendiri oleh suit actor tanpa bantuan alat. Karena inilah suit actor Akaninger dan Aoninger menggunakan aktor baru yang sudah terlatih untuk adegan flip di acara panggung.

Awalnya Ninninger sudah dijadwalkan untuk tayang perdana pada 15 Februari 2015. Tapi menjelang akhir judul sebelumnya yaitu Ressha Sentai ToQger, episode 46 yang seharusnya tayang 1 Februari mengalami penundaan seminggu karena TV Asahi menayangkan liputan berita jurnalis Kenji Goto yang wafat ketika menjadi sandera ISIS. Episode terakhir ToQger (47) mundur ke 15 Februari dan episode perdana Ninninger ke 22 Februari.


Casting

Ninninger adalah Sentai pertama dimana keenam anggotanya diperankan oleh aktor dan aktris kelahiran tahun Heisei yaitu tahun 90an. Diantara keenam Ninninger, bisa dibilang hanya Kasumi Yamaya, pemeran Kasumi Momochi/Momoninger yang sudah memiliki beberapa pengalaman akting sebelum berperan di Ninninger. Dalam tokusatsu sebelumnya dia sudah memerankan Rumi Komaki di Kamen Rider Wizard & Fourze: Movie Taisen Ultimatum dan Hilda Gordon di Uchuu Keiji: Next Generation.


Gaku Matsumoto, pemeran Yakumo Kato/Aoninger, sebenarnya kidal sehingga awalnya sulit untuk belajar menggunakan pedang dengan tangan kanannya. Pada Shinobi 47 (episode terakhir), Matsumoto melakukan backflip sendiri tanpa bantuan pemeran pengganti.

Akaninger memiliki dua suit actor berbeda. Kosuke Asai sudah terpilih pada awalnya, tapi mengalami cedera pada hari terakhir syuting ToQger. Asai digantikan oleh Yugo Fujii yang mengenakan Akaninger hingga Shinobi (sebutan episode di Ninninger) 8. Asai sempat mengenakan Hurricane Red di Shinobi 7, dan akhirnya mengenakan Akaninger mulai dari Shinobi 9 hingga selesai.

Seperti yang sudah disebut diatas, sebagai perwakilan 3 generasi dimunculkan tokoh kakek dan ayah dari dua diantara keenam Ninninger. Aktor senior Takashi Sasano, yang sebelumnya memerankan Kenzo Mukai di B-Fighter, disini menjadi Yoshitaka Igasaki sang kakek sekaligus mentor. Toshihiro Yashiba memerankan Tsumuji Igasaki, putra Yoshitaka sekaligus ayah Takaharu dan Fuka, sebelumnya juga sempat menjadi bintang tamu di Abaranger dan GARO Makai Senki.

Kenji Matsuda, yang lebih dikenal sebagai Zanki dari Kamen Rider Hibiki dan Jiro/Garulu dari Kamen Rider Kiva, untuk pertama kalinya mendapat peran di Sentai dengan mengisi suara Gabi Raizou, salah satu anggota Kibaoni di paruh awal cerita. Megumi Han mengisi suara Izayoi Kyuemon, menjadi peran sentral tokusatsu pertamanya setelah sempat menjadi figuran di Moero! Robocon.


Konsep

Nama marga Igasaki berasal dari nama ninja Iga sungguhan dari periode Sengoku yaitu Tateoka Doshun, yang juga dikenal dengan nama Igasaki Doshun. Nama setiap anggota keluarganya juga berdasarkan fenomena cuaca;

  • Yoshitaka berarti cuaca bagus.
  • Tsumuji berarti angin puyuh.
  • Takaharu berarti angin berawan.
  • Fuka berarti musim dingin.
  • Harukaze (ibu Yakumo) berarti angin musim semi.
  • Yakumo berarti awan.
  • Nagi berarti cuaca tenang.
  • Kasumi berarti kabut.


Shimoyama awalnya mengasumsikan Takaharu sebagai karakter kakak yang "membara," tapi kemudian diubah menjadi karakter polos sesuai Shunsuke Nishikawa, pemeran Takaharu. Setelah itu, sutradara Shojiro Nakazawa mendeskripsikan karakter Takaharu sebagai "tidak bisa mencerna dengan kepala, tapi memiliki pandangan yang tajam." Akhirnya karakter Takaharu ditetapkan seperti itu.

Ketika membuat karakter Nagi Matsuo/Kininger, Shimoyama menjadikannya sebagai "anak hilang" karena merupakan anak termuda dalam tim. Temanya adalah bagaimana seseorang tanpa kepribadian menemukan kepribadiannya sendiri.

Shimoyama mengatakan dia tidak mau Fuka menjadi citra ideal anak laki-laki yang menginginkan adik perempuan. Karena itu Fuka dibuat sering bereaksi dingin pada kakak dan ayahnya. Pada rencana awal, Fuka dibuat lebih tegas seperti anak OSIS di sekolahan, tapi dirubah menjadi dojikko (gadis ceroboh) sesuai saran dari sutradara Nakazawa.

Kinji Takigawa/Starninger merupakan anggota keenam dan bukan anggota keluarga Igasaki. Shimoyama menempatkan Kinji sebagai "jembatan" antara marga Igasaki dengan Kyuemon. Wujud Super Starninger awalnya tidak direncanakan muncul, tapi ditambahkan ketika senjata Ninja Gekiatsutou hadir, dan desainnya berdasarkan salah satu desain awal Starninger yang tidak jadi terpakai.

Pada tahap perencanaan, Shimoyama membuat tokoh Tsumuji sebagai "ayah yang menunjukkan kemudahan dan kecerdikan," dan turut mengambil citra produser Jun Hikasa. Tapi setelah bertemu dengan aktornya, Shimoyama mengubah arahan tokoh tersebut menjadi karakter yang tidak bisa menunjukkan perasaan sebenarnya.


Para robot di Ninninger didesain untuk menampilkan nuansa festival dan apapun yang menyenangkan, dengan menggunakan berbagai aspek budaya Jepang. Shurikenjin mungkin terlihat memiliki tema yang tidak berhubungan antar komponennya, tapi sutradara efek khusus Hiroshi Butsuda menginginkan setiap komponen mewakili setiap tipe kendaraan yang sudah ada dalam Super Sentai. Motifnya juga untuk menampilkan konsep "Cool Japan," yang dibuat oleh pemerintahan untuk mengekspresikan budaya tradisional maupun pop Jepang yang sedang berkembang.

Setiap komponen Shurikenjin memiliki gambaran masing-masing yang mewakili Jepang. Shinobimaru berdasarkan seni bela diri Jepang modern Budou, Wanmaru berdasarkan budaya "kawaii (imut)" Jepang, Dumpmaru (truk sampah) dan Byunmaru (kereta) berdasarkan perkembangan teknologi Jepang, dan Dragomaru berdasarkan pengaruh dunia Barat kepada budaya pop Jepang. Kokpit Shurikenjin berdasarkan mikoshi, yaitu tandu hias yang biasa digunakan pada upacara keagamaan di Jepang.


Kelompok antagonis yaitu Kibaoni menggunakan motif yokai, yaitu istilah monster atau arwah pada dongeng Jepang. Motif ini sempat dihindari karena sama dengan antagonis di Kakuranger dan bersamaan dengan anime Yokai Watch yang sedang populer saat itu. Tapi kemudian terasa cocok untuk menyebarkan pengetahuan tentang yokai kepada anak-anak, sehingga tetap digunakan. Shuriken yang tersegel pada para yokai Kibaoni awalnya direncanakan sebanyak 108 buah, tapi dibatalkan karena Kamen Rider Drive yang sedang tayang bersamaan memiliki 108 Roidmude sebagai antagonis. Jumlah shuriken diturunkan menjadi 48 buah, seperti jumlah bawahan Tateoka Doshun dalam sejarah, tapi Shimoyama mengatakan itu hanya kebetulan saja.

Izayoi Kyuemon awalnya direncanakan untuk ditampilkan wujud aslinya yaitu seorang pria paruh baya, tapi karena Megumi Han, seorang wanita, sudah mengisi suara Kyuemon sejak awal mungkin akan membuat pemirsa merasa tidak nyaman. Ketika skrip untuk paruh awal cerita sudah diselesaikan, sempat ada rencana identitas Kyuemon sebagai kakak kandung Kinji, tapi produser Takebe menolaknya karena tidak mau cerita menjadi terlalu berat sebelah ke Kinji.

Kyuemon dibuat sebagai karakter yang memanfaatkan orang disekitarnya untuk keuntungannya sendiri. Ini terlihat dari desainnya yang menggunakan motif harimau dan rubah, berdasarkan ungkapan "sang rubah meminjam kekuatan harimau," yang menggambarkan orang lemah yang menggunakan kekuatan untuk melindungi diri sendiri atau untuk mendapatkan sesuatu.


Bintang Tamu

Dalam rangka 40 tahun sejak Super Sentai pertama kali tayang, Ninninger turut menampilkan beberapa pahlawan pendahulunya. Tapi tidak seperti Gokaiger yang menampilkan para legenda sebagai tema utama, disini dibatasi menjadi khusus yang bertema ninja, dengan pengecualian dua legenda.


  • Shinobi 7: "Festival Ninja Musim Semi!" menampilkan kembalinya Teruaki Ogawa sebagai Sasuke/Ninja Red dan Shun Shioya sebagai Yousuke Shiina/Hurricane Red yaitu dua ninja merah pendahulu Ninninger. Pada akhir episode juga turut hadir Akaranger yang kali ini diisisuarakan oleh Seki Tomokazu seperti pada Super Hero Taisen Z. Shinobi 7 seharusnya tayang pada tanggal 5 April sesuai tanggal episode perdana Goranger, tapi karena penundaan yang sudah dibahas diatas menjadi mundur ke 12 April.
  • Shinobi 34: "Ninja Dunia Legendaris Jiraiya Muncul!" menampilkan kembalinya Takumi Tsuitsui sebagai Toha Yamaji/Jiraiya untuk pertama kalinya 26 tahun setelah serialnya tamat. Jiraiya adalah satu-satunya Metal Hero yang menjadi bintang tamu di Ninninger karena sama-sama bertema ninja. Di episode yang sama, Yoshi Sudarso, pemeran Koda/Dino Charge Blue di Power Rangers Dino Charge, muncul sekilas sebagai turis yang diselamatkan Yakumo. 
  • Shinobi 38: "Penyihir Cilik Menyukai Yakumo?" menampilkan kembalinya Hiroya Matsumoto sebagai Tsubasa Ozu/Magi Yellow. Meski bukan bertema ninja, tapi Tsubasa adalah guru Yakumo ketika mempelajari ilmu sihir di Inggris. Kemunculan Tsubasa juga sekaligus merayakan 10 tahun penayangan Magiranger pada waktu itu.
  • Shinobi 43: "Ninja Legendaris! Strategi Karuta Youkai" menampilkan kembalinya Shurikenger yang masih diisi suarakan oleh Taiki Matsuno.



Sumber: 
  • https://ja.wikipedia.org/wiki/%E6%89%8B%E8%A3%8F%E5%89%A3%E6%88%A6%E9%9A%8A%E3%83%8B%E3%83%B3%E3%83%8B%E3%83%B3%E3%82%B8%E3%83%A3%E3%83%BC
  • Shuriken Sentai Ninninger Official Perfect Book Tenka Muteki
  • Super Sentai Official Mook 21st Century Vol. 15 Shuriken Sentai Ninninger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar