Minggu, 02 Februari 2020

35 Tahun Dengeki Sentai Changeman


2 Februari 1985, serial Super Sentai ke-9 ini memulai episode perdananya.



Pra-produksi


Super Sentai selama ini dibuat sebagai kisah fantasi, penggambaran adanya polisi dan tentara sungguhan dibatasi, hingga judul kali ini yang menekankan aspek tersebut. Ini dilakukan agar membedakan dari judul setahun sebelumnya, Choudenshi Bioman yang lebih eksperimental dibandingkan Sentai pendahulunya. Para pahlawan kali ini adalah anggota militer seperti Jieitai (Pasukan Pertahanan Diri Jepang). Penulis Hirohisa Soda mengatakan kalau Bioman lebih ditujukan pada pemirsa dewasa dan kurang populer bagi anak-anak, karena itu kali ini dibuat lebih untuk anak-anak tapi tetap bisa menarik perhatian dewasa.


Pada tahap perencanaan menggunakan nama Cosmoman. Selain nama, tidak banyak perubahan dari rencana awal ke tahap akhir sebelum produksi. Nama Cosmoman tercantum pada salah satu gambar konsep awal robot yang tidak jadi digunakan.


Casting



Pemilihan pemeran Hiryu Tsurugi/Change Dragon sempat dirasa sulit, bahkan ada rencana menggunakan kembali Junichi Haruta, yang sebelumnya sudah memerankan Goggle Black dan Dyna Black, jika orang yang cocok tidak ditemukan. Ini karena para tokoh utamanya adalah tentara, maka perlu aksi yang lebih intens bahkan sebelum berubah wujud. Karena alasan ini crank-in di bulan November 1984 menjadi lebih lama dari sebelumnya. Haruki Hamada langsung lolos dalam satu kali audisi untuk memerankan Tsurugi.

Ajudan Booba diperankan oleh Yoshinori Okamoto yang sekaligus juga merupakan suit actor di banyak judul Sentai. Selepas syuting adegan akhir Booba untuk episode 52, Okamoto mengalami kecelakaan mobil dan terluka parah. Beliau masih sempat melakukan ADR setelah keluar dari rumah sakit lalu beristirahat sampai setengah tahun.


Produksi










Meski menekankan tema militer, motif kostum Changeman berdasarkan makhluk legenda yaitu naga, griffon, pegasus, putri duyung, dan phoenix. Sama seperti Sun Vulcan, penamaan setiap anggota berdasarkan nama hewan/makhluk masing-masing; Change Dragon, Change Griffon, dan seterusnya. Changeman menjadi Sentai kedua yang tidak memiliki warna kuning, dan pertama kalinya anggota wanita warna putih dan pink dalam satu tim utama.

Jika Bioman memunculkan banyak hal baru dibandingkan Sentai pendahulu, Changeman mengembalikan banyak ciri khas sebelum Bioman. Salah satunya adalah kembalinya monster mingguan yang bisa menjadi raksasa. Pada saat yang sama juga menampilkan hal baru, salah satunya adalah Gozma, kelompok antagonis di serial ini yang dibuat agak berbeda. Gozma dipimpin oleh Raja Bintang Bazoo, yang menginvasi berbagai planet dan memaksa penduduk planet tersebut menjadi anggotanya. Dengan ancaman planet masing-masing, anggota Gozma harus menuruti perintah Bazoo.


Desain para antagonis di Gozma tidak ada konsep yang terpadu karena terdiri dari alien yang bervariasi. Didesain oleh Yutaka Izubuchi, ada yang mengadaptasi dari Tsuburaya Productions dan berbagai film fiksi ilmiah luar negeri. Booba, yang menjadi saingan terberat Change Dragon, desainnya berdasarkan Klingon dari seri Star Trek dipadukan dengan Ochimusha, sebutan untuk samurai yang gagal berperang dan kabur.

Produser Takeyuki Suzuki berusaha keras untuk membuat antagonis wanita yang atraktif, dan terciptalah Ratu Ahames yang diperankan oleh Fukumi Kuroda sejak episode 17. Desain awal kostum Ahames berdasarkan Youko yaitu roh rubah. Kemudian ditambahkan unsur Jepang seperti Noh dan Kabuki berdasarkan boneka buatan Tsujimura Jousaburo. Pada gambar desain, rambut Ahames terlihat lebih besar, tapi tidak direalisasikan karena wig baru belum dipersiapkan. Episode terakhir bagi Ahames yaitu 53 mendapat rating pemirsa 16,1 %, menjadi rating tertinggi dari seluruh episode Changeman.


Changeman memiliki episode sebanyak 55, terbanyak kedua setelah Himitsu Sentai Goranger dengan 84 episode. Ini terjadi karena penundaan sebulan (4 episode) pada proses syuting judul setelah ini, Choushinsei Flashman.


Musik



Lagu pembuka dan penutup, dan sebagian besar lagu tambahan di Changeman dinyanyikan oleh KAGE. KAGE sebenarnya adalah alias dari Hironobu Kageyama. Nama alias ini digunakan karena pada tahun 1985 status anime dan tokusatsu di mata publik sedang menurun, sehingga dari label Columbia berkata, "Kalau kamu mau menjadi penyanyi rock untuk kedepannya, lagu untuk (serial) anak-anak akan menghalangi." 2 tahun kemudian, Kageyama sudah bisa menggunakan nama lengkapnya saat menyanyikan lagu tema Hikari Sentai Maskman dan segala lagu Sentai dan tokusatsu berikutnya.


Penjualan

Changeman menjadi Sentai pertama yang menjual senjata meriam sebagai mainan, yaitu Power Bazooka yang disusun dari 5 bagian Zooka berbeda. Penjualan mainan melampaui Bioman di tahun sebelumnya, menjadi yang paling tinggi bagi Sentai saat itu. Changeman memuncaki karakter TV di tahun 1985, dimana posisi sebelumnya tahun 1984 adalah anime Kinnikuman, yang jatuh dari segi penjualan mainan. Pada saat itu penjualan mainan untuk anak lelaki sedang lesu karena kepopuleran mesin game Famicom/NES dari Nintendo.


Selain mainan, Yuki Jirushi Shokuhin (Snow Brand Foods) menjadi sponsor baru Sentai, dan membuat produk makanan sosis berkemasan maupun bonus yang berhubungan dengan Sentai mulai dari Changeman. Perusahaan ini menjadi sponsor Sentai hingga Hyakujuu Sentai Gaoranger, dan lisensi produk sosisnya berpindah ke Prima Ham sejak Ninpuu Sentai Hurricaneger.



_________________________________
                                                                               
Sumber:

  • https://ja.wikipedia.org/wiki/%E9%9B%BB%E6%92%83%E6%88%A6%E9%9A%8A%E3%83%81%E3%82%A7%E3%83%B3%E3%82%B8%E3%83%9E%E3%83%B3
  • https://dic.pixiv.net/a/%E9%9B%BB%E6%92%83%E6%88%A6%E9%9A%8A%E3%83%81%E3%82%A7%E3%83%B3%E3%82%B8%E3%83%9E%E3%83%B3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar