Jumat, 14 Februari 2020

10 Tahun Tensou Sentai Goseiger


14 Februari 2010, Super Sentai ke-34 ini memulai episode perdananya.


Latar Belakang

Tema judul kali ini adalah "para malaikat yang turun ke Bumi untuk melindunginya," menjadikan Goseiger sebagai Sentai pertama dengan motif malaikat. Tema ini ditetapkan dengan makna "untuk menghembus kondisi sosial yang gelap akhir-akhir ini, dan menjadi sayap harapan dan kebahagiaan." Takeyuki Suzuki, produser eksekutif Toei, menyatakan ini adalah judul yang bisa disaksikan dengan pikiran tenang tanpa menodai keadilan, karena para pahlawannya adalah malaikat.


Produksi

Pertama kalinya dalam 2 tahun semenjak Engine Sentai Go-Onger, Jun Hikasa kembali menjadi produser utama. Go Wakamatsu yang sudah lama belum terlibat lagi dalam tokusatsu sejak Seiju Sentai Gingaman, dan Takehito Omori yang terlibat Samurai Sentai Shinkenger setahun sebelumnya, menjadi sub-produser pada judul ini. Wakamatsu kembali mengenalkan sistem produser utama ganda yang pernah dilakukan pada periode Showa. Hikasa meninggalkan posisi produser pada Epic (sebutan episode di Goseiger) 32, dan Wakamatsu menjadi produser utama sendirian sejak Epic 33.


Episode pilot (episode perdana) disutradarai oleh sutradara veteran Takao Nagaishi. Pilot yang terakhir kali disutradarai beliau adalah Denji Sentai Megaranger 13 tahun sebelumnya. Wakamatsu memilih Nagaishi karena merupakan penggemar karya beliau dan sempat berjanji untuk mengajaknya bekerja bersama dulu ketika masih menjadi asisten produser di Gingaman.

Michiko Yokote kembali menjadi penulis utama setelah Juuken Sentai Gekiranger. Wakamatsu memilih Yokote karena merasa beliau adalah orang yang tepat untuk menulis skrip yang menggabungkan kelembutan dan ketegasan. Selain itu, nama pena berkelompok yaitu Saburo Hatte untuk pertama kalinya tercantum sebagai penulis beberapa episode dalam judul ini.

Upaya yang eksperimental dilakukan dalam merencanakan organisasi antagonis. Wakamatsu berpikir daripada menggunakan antagonis bermotif iblis hanya karena pahlawannya malaikat, lebih baik dibuat bisa melawan ancaman apapun. Agak mirip dengan Boukenger yang antagonisnya berbeda-beda kelompok, bedanya jika pada Boukenger semuanya muncul bersamaan dan saling terlibat konflik, pada Goseiger ini organisasi antagonis selalu berganti di tiap babak yang terbagi menjadi 4, sesuai saran dari Hikasa. Seluruh organisasi terhubung dengan satu tokoh antagonis sentral yang menjadi lawan terakhir.


Casting

Goseiger menjadi debut akting bagi Yudai Chiba (Alata/Gosei Red) dan Mikiho Niwa (Moune/Gosei Yellow). Rika Sato (Eri/Gosei Pink) sudah lebih dahulu aktif dalam variety show sejak tahun 2008. Tokoh Agri/Gosei Black dan Moune merupakan kakak-beradik, dengan usia masing-masing 21 dan 17, tapi Kyosuke Hamao pemeran Agri sebenarnya berusia 19 tahun saat itu, lebih muda dari Mikiho Niwa yang saat itu sudah 21 tahun. Kento Ono, pemeran Hyde/Gosei Blue, sempat mendapat peran figuran di Ultraman Max episode 25.


Hirofumi Fukuzawa yang sudah rutin menjadi suit actor anggota merah sejak Gaoranger (kecuali Magiranger) kali ini menjadi Gosei Blue karena Yasuhiro Takeuchi menjadi Gosei Red. Wakamatsu mengatakan Takeuchi memerankan warna merah sudah menjadi keinginannya sejak lama, dan tujuannya adalah untuk mengekspresikan kekuatan Gosei Red. Takeuchi mengatakan jika dia mengikuti gaya anggota merah yang biasanya, makanya tidak akan unik, karena itu dia mengobservasi Yudai Chiba yang memerankan wujudnya sebelum berkostum. Sebagai tambahan, adegan aksi dengan menggunakan trampolin diperbanyak untuk mendukung karakter Suku Skyick.

Karena tidak ada antagonis dengan aktor manusia, maka cukup banyak pengisi suara yang terlibat dalam judul ini. Mulai dari yang sudah sering di tokusatsu seperti Shozo Iizuka sebagai Mons Drake, Jurota Kosugi sebagai Robogog, Nobuo Tobita sebagai Bladerun/Brajira dan lain-lain. Katsuyuki Konishi mengisi suara Gosei Knight, menjadi tokoh sentral pertamanya dalam tokusatsu. Marina Inoue untuk pertama kalinya mengisi suara di tokusatsu sebagai Metal Alice.


Penamaan

Para antagonis dalam Goseiger terbagi menjadi 4 kelompok yang muncul bergantian dalam 4 babak cerita, dan disebut sebagai Ashiki Tamashii (Roh Jahat). Sama seperti Goseiger yang terbagi menjadi 3 jenis suku berdasarkan udara, darat dan air, 3 organisasi pertamanya juga memiliki motif masing-masing. Kesamaan dari seluruh antagonis disini adalah namanya yang berdasarkan film layar lebar internasional, terutama film fiksi ilmiah dan horor.


Tentara Penghancur Semesta Warstar -> "Star Wars," motif masing-masing anggota berdasarkan serangga.

  • Raja Agung Mons Drake Sang Planet -> "Star Trek," motif kupu-kupu gajah.
  • Dereptor Sang Meteor -> Dibaca Dereputa, anagram dari Puredeta yaitu pelafalan "Predator" di Jepang, motif belalang sembah.
  • Bladerun Sang Komet -> "Blade Runner," motif kumbang Goliath. 


Kelompok Penghukum Bumi Yuumajuu -> Yuuma dari UMA (Unidentified Mysterious Animal), motif invertebrata darat.

  • Makuin Dari Blob -> "The Blob" dan aktornya yaitu Steve McQueen (Makkuin), motif selaput dan cacing tanah.
  • Kinggon Dari Bigfoot -> "King Kong" dan Hibagon (semacam Bigfoot di Jepang), motif tarantula.
  • Bladerun Sang Chupacabra -> Motif lipan Geji.


Kerajaan Serangan Gencar Mesin Matrintis -> "The Matrix" dan "Atlantis," motif invertebrata air.

  • Robogog Sang Jenius -> "RoboCop," motif udang.
  • Metal Alice Sang Agen -> "Metropolis" dan "Alice In Wonderland," motif bintang basket.
  • Blade-RUN Sang Cyborg -> Motif ammonite.


Chikyuu Kyuusei Keikaku (Rencana Keselamatan Bumi) -> Motif makhluk fantasi.

  • Brajira Sang Juru Selamat -> "Brazil," motif malaikat dan iblis.
  • Namono-Gatari Sang Ortaurus Headder -> "The Chronicles of Narnia," Chronicles = kisah = monogatari, motif Orthrus.
  • Bari-Boru-Dara Sang Uniberus Headder -> Plesetan dari pelafalan "Harry Potter," motif Unicorn dan Cerberus.
  • Ro-O-Zaa-Ri Sang Hydrapan Headder -> "The Lord of The Rings," motif Hydra dan Pan (salah satu dewa Yunani)


Mainan

Goseiger menjadi Sentai pertama yang menggunakan kartu sebagai sumber kekuatan, baik untuk berubah wujud, menggunakan jurus, maupun memanggil robot raksasa. Sistem kartu ini juga menyambung dengan permainan kartu di dunia nyata, yaitu "Super Sentai Battle Dice-O."

Selain itu ada Gosei Headder, mainan berbentuk kepala binatang yang dikoleksi dan bisa saling digunakan pada mainan peran (roleplay toys) dan mainan robot. Ini menjadikan Goseiger sebagai Sentai pertama dengan 2 jenis mainan koleksi. Tsuyoshi Nonaka, desainer Bandai, mengatakan kalau judul ini memang direncanakan terutama untuk menampilkan kartu, tapi Headder ditambahkan sebagai penegasan kategori robot bersatu yang tidak ada dalam serial Kamen Rider.


"Super Sentai VS Series Theater"

Tayang mulai 23 Mei hingga 26 Desember 2010, acara ini menampilkan berbagai Super Sentai V-Cinema di era Heisei dan dipandu oleh kelima Goseiger. Setiap V-Cinema terbagi menjadi 2 episode yang disebut BATTLE, dan beberapa bagian diedit untuk menghemat durasi tayang, misalnya saat adegan penggabungan robot. Para Goseiger juga mengenakan pakaian yang menyesuaikan V-Cinema yang sedang ditayangkan seperti pada mini corner di Boukenger dahulu. V-Cinema yang ditayangkan adalah dari Ohranger VS Kakuranger hingga Gekiranger VS Boukenger.



_________________________________

Sumber:

  • https://ja.wikipedia.org/wiki/%E5%A4%A9%E8%A3%85%E6%88%A6%E9%9A%8A%E3%82%B4%E3%82%BB%E3%82%A4%E3%82%B8%E3%83%A3%E3%83%BC
  • https://ja.wikipedia.org/wiki/%E3%82%B9%E3%83%BC%E3%83%91%E3%83%BC%E6%88%A6%E9%9A%8AVS%E3%82%B7%E3%83%AA%E3%83%BC%E3%82%BA%E5%8A%87%E5%A0%B4
  • Super Sentai Official Mook 21st Century Vol. 10 Tensou Sentai Goseiger


Tidak ada komentar:

Posting Komentar