Minggu, 04 Oktober 2020

5 Tahun Kamen Rider Ghost


4 Oktober 2015, Heisei Rider ke-17 ini memulai episode perdananya. 4 Oktober 1997 juga merupakan tanggal lahir Takeru Tenkuji sang tokoh utama.


Latar Belakang

Untuk memberi kontras dari judul sebelumnya yaitu Kamen Rider Drive yang penuh unsur mekanik, Ghost menggunakan motif yang lebih mistik yaitu hantu. Karena akan tayang pada saat waralaba Kamen Rider merayakan ulang tahun ke-45, konsep "aksi aneh" seperti judul paling pertama tahun 1971 lalu juga digunakan. Tapi karena citra "hantu itu menakutkan" masih kuat, atmosfirnya dibuat lebih cerah atas opini beberapa pihak.


Produksi

Kazuhiro Takahashi, yang sebelumnya mengerjakan miniseri Kamen Rider Yongou, ditunjuk sebagai produser utama. Takuro Fukuda, yang sebelumnya lebih dikenal menulis drama TRICK dan Keibuho Yabe Kenzo dan beberapa episode Ultraman Max dan ULTRASEVEN X, menjadi penulis utama dalam judul ini. Penulis lainnya adalah Nobuhiro Mouri yang saat itu hanya menulis beberapa episode di Kamen Rider dan Super Sentai sejak OOO dan Go-Busters. Keiichi Hasegawa, yang menjadi penulis utama pada Ultraman Nexus dan Ginga dan beberapa episode W, Fourze dan Drive, turut menjadi penulis di Ghost. 

Untuk pertama kalinya Satoshi Morota menjadi sutradara utama dalam Rider di judul ini. Sutradara lainnya seperti Koichi Sakamoto dan Katsuya Watanabe turut ikut di beberapa episode. Komposisi musik dilakukan oleh Go Sakebe yang sebelumnya mengerjakan lagu tema ToQger. Kazuhiko Shimamoto, komikus yang sempat membuat adaptasi manga Kamen Rider Black PART X Imitation 7 dan ZO disini menjadi desainer monster bersama timnya yaitu Big Bang Project.

Produser Takahashi membuat judul ini sebuah cerita yang menampilkan pertumbuhan seorang pahlawan dari anak hingga remaja, dengan menjelaskan pentingnya kehidupan dengan membuat si pahlawan merasakan kematian. Beliau mengatakan ingin menciptakan karya yang membuat merasakan "indahnya kehidupan." Takahashi mengaku kalau tidak seperti Heisei Rider awal-awal, kini menampilkan kematian sulit karena mempertimbangkan dampak pada anak-anak yang menonton. 

Sebagai promosi, pada tanggal 31 Agustus 2015 diunggah sebuah video khusus Ghost di kanal Toei Tokusatsu Youtube Official. Video yang disutradarai oleh Kazuya Kamihoriuchi ini menampilkan para Eyecon yang mengendarai kapal luar angkasa dan terjatuh di sebuah gedung konser. Takeru berubah menjadi Ghost dan berdansa di atas panggung, yang kemudian diserang oleh Ganma. Dengan berbagai perubahan bentuk, Ghost berhasil mengalahkan Ganma...... yang ternyata semuanya adalah mimpi Takeru yang tertidur di Kuil Tenkuji.

Awalnya pada tahap pengembangan, sempat diasumsikan judul ini menggunakan sistem "1 episode selesai" agar penonton yang tertinggal bisa lebih mudah untuk mengejar ketinggalan. Tapi karena kendala anggaran dan jadwal syuting, sistem ini hanya dilakukan sampai episode 6. Aplikasi smartphone Toei Tokusatsu Fan Club yang juga dimulai pada waktu yang sama dengan Ghost mulai menayangkan kembali episode pada hari itu persis setelah selesai ditayangkan di stasiun televisi.


Konsep

Sumber kekuatan pada Rider di judul ini adalah Eyecon, penggabungan kata eye (mata) dan kon (jiwa/roh dalam bahasa Jepang) dan plesetan dari kata "icon." Berbeda dari "key item" (benda kunci) biasanya yang motifnya jelas seperti gembok, mobil kecil dan lain-lain, Eyecon tidak berdasarkan barang yang sudah ada. Ini dilakukan karena konsep benda kunci pada Ghost adalah OOPArts (Out-Of-Place Artifacts), yaitu benda bersejarah yang ditemukan dalam konteks yang tidak sesuai atau tidak mungkin. Konsep digunakan untuk menampilkan elemen yang diluar nalar bagi anak-anak. 

Penggunaan motif mata karena merupakan lambang dari kebijaksanaan sejak masa lampau. Takahashi juga terinspirasi dari Typhoon, sabuk Kamen Rider Ichigou dan Nigou yang bentuknya menyerupai mata. Konsep Double Rider dari judul paling pertama tersebut juga menjadi basis bagi duo Ghost dan Specter.

Perubahan bentuk Ghost menggunakan konsep kekuatan roh para pahlawan masa lampau yang memang ada di dunia nyata. Tak hanya pahlawan dengan kemampuan bela diri, tapi ada pula yang bukan petarung seperti penulis dongeng dan komposer musik. Memang ada pahlawan yang belum terbukti eksis di dunia nyata seperti Robin Hood, tapi banyak yang dipilih karena memang dikenal oleh penonton.

Konsep awal perubahan bentuknya adalah berubah bentuk dengan mengganti T-shirt, karena baju yang melayang-layang sering diasosiasikan dengan hantu. Tapi karena agak sulit menggunakan T-shirt sebagai perubahan bentuk apalagi pada mainannya, diputuskan menggunakan jenis pakaian lain yaitu parka/hoodie sebagai motif desain.

Pose perubahan wujud Ghost berdasarkan gerakan tangan Omyoji. Koreografi aksinya memasukkan elemen Wing Chun. Pada penampilan pertamanya di film Kamen Rider Drive: Suprise Future, Ghost dapat bergerak sambil melayang layaknya hantu, tapi dianggap menakutkan sehingga tidak digunakan pada saat serialnya tayang.


Karakter

Berikut trivia beberapa karakter dan pemeran dalam judul ini. Akan ada sedikit spoiler bagi yang belum pernah menonton.

  • Shun Nishime, pemeran Takeru/Ghost, sama-sama masih duduk di bangku SMA seperti tokoh yang dia perankan, hanya berbeda 1 tahun (Nishime kelahiran 1998). Awalnya kostum Takeru direncanakan bernuansa "chic" dengan warna merah dan perak, tapi kemudian menjadi lebih cerah dengan motif bunga agar cocok dengan penampilan Nishime.
  • Nishime sempat memberi pesan pribadi di Twitter untuk orangtua seorang anak penggemar Rider yang menderita penyakit serius, meski sebenarnya dilarang oleh agensinya yaitu Oscar Promotion. Staf TV Asahi yang mengetahui ini kemudian mengunjungi rumah sakit dimana anak itu dirawat sambil membawa video dengan pesan dari Nishime.
  • Selain kemunculan versi tiruan di pertengahan cerita, Makoto Fukami/Specter sempat direncanakan untuk diambil alih tubuhnya oleh Ganmaizer. Takahashi kemudian mendengar soal anak-anak yang kecewa dengan perkembangan Go Shijima/Mach di serial Drive, sehingga Makoto hanya dibuat melawan tiruannya.
  • Versi tiruan Makoto awalnya direncanakan muncul lebih awal. Tiruan ini dibuat untuk mendeskripsikan drama bagi Makoto pasca kebangkitan Kanon Fukami, dan juga pertimbangan Rider ke-2 akan dibuat melemah karena kemunculan Rider ke-3.
  • Dalam memerankan Alain/Necrom, Hayato Isomura yang menggemari Darth Vader dari Star Wars, menggunakan tokoh tersebut sebagai referensi berperan. Pada awal syuting, Isomura tidak diberitahu banyak soal latar cerita secara mendetail termasuk tentang dia nantinya menjadi Rider.
  • Adegan Alain bertarung sambil makan takoyaki di episode 30 merupakan referensi dari Bruce Lee bertarung sambil makan keripik kentang di film The Big Boss.
  • Tokoh Akari Tsukimura dibuat sebagai rikejo, yang bisa diartikan menjadi "wanita sains," sebagai kontras dari pandangan dunia Buddha dalam cerita ini.
  • Takayuki Yanagi, pemeran Onari, menggunduli seluruh rambut di kepalanya khusus untuk peran ini. Onari menggunakan wig afro di setiap kemunculannya pasca serial tamat karena rambut Yanagi sudah tumbuh lagi.
  • Tokoh nenek Fumi dibuat wafat karena produser Takahashi ingin menggambarkan "orang biasa yang wafat secara normal."
  • Nama tokoh Sennin (pertapa) berdasarkan nama tentatif tokoh tersebut sejak pada tahap pertemuan staf. 
  • Aktor Naoto Takenaka sudah menjadi citra tokoh Sennin pada tahap perencanaan meski staf tidak yakin beliau mau memerankannya. Tapi akhirnya Takenaka malah setuju untuk berperan.
  • Gyro, yang diperankan oleh Seiji Takaiwa sang suit actor Rider utama, awalnya hanya direncanakan tampil sekali. Tapi karena tokohnya cocok sebagai lawan kuat bagi 15 roh pahlawan di episode 38, Gyro masih ditampilkan kembali.
  • Sebelum ditetapkan Adel sebagai orang dibalik terbunuhnya Ryu Tenkuji agar menjadi koneksi dengan Takeru dan menjadi musuh terakhir, tadinya direncanakan tokoh lain yang menjadi pelakunya.


Karena terlalu panjang bila disatukan, akan dibuat artikel terpisah yang membahas lebih dalam mengenai para Rider dan berbagai peralatannya di Ghost. Mohon ditunggu~



Sumber:
  • https://ja.wikipedia.org/wiki/%E4%BB%AE%E9%9D%A2%E3%83%A9%E3%82%A4%E3%83%80%E3%83%BC%E3%82%B4%E3%83%BC%E3%82%B9%E3%83%88
  • https://ja.wikipedia.org/wiki/%E4%BB%AE%E9%9D%A2%E3%83%A9%E3%82%A4%E3%83%80%E3%83%BC%E3%82%B4%E3%83%BC%E3%82%B9%E3%83%88%E3%81%AE%E7%99%BB%E5%A0%B4%E4%BB%AE%E9%9D%A2%E3%83%A9%E3%82%A4%E3%83%80%E3%83%BC
  • https://ja.wikipedia.org/wiki/%E7%A3%AF%E6%9D%91%E5%8B%87%E6%96%97
  • https://w.atwiki.jp/aniwotawiki/pages/32830.html
  • https://withnews.jp/article/f0160403002qq000000000000000G00110401qq000013203A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar