Minggu, 04 Oktober 2020

40 Tahun X-Bomber

4 Oktober 1980, tokusatsu sandiwara boneka ini memulai episode khusus perdananya di Fuji TV


Latar Belakang

X-Bomber merupakan tokusatsu yang sepenuhnya menggunakan miniatur dan boneka seperti Thunderbirds karya Gerry Anderson di tahun 60an. Produksi dilakukan oleh perusahaan modeling Cosmo Production yang dipimpin oleh Michio Mikami, yang sempat terlibat dalam beberapa tokusatsu Daiei (Gamera, Daimajin, dll) dan Toei (Kamen Rider, Barom-1, dll).


Produksi

Proyek dimulai oleh Kimio Ikeda, produser dari Jin Production, yang meminta Mikami dari Cosmo Pro untuk memproduksi judul ini melalui Takashi Yamada dari Channel 16. Mikami berpikir untuk menggunakan boneka untuk mengurangi anggaran studio, dan sejalan dengan proposal Ikeda, produksinya adalah acara boneka. Ikeda menunjuk Go Nagai sebagai desainer karakter, dan Nagai merekomendasikan Keisuke Fujikawa sebagai penulis utama. Yasumasa Abe dan Masao Tsuchida yang bertanggung jawab dalam syuting Thunder Mask semasa di Expo Production, ditunjuk untuk terlibat dalam judul ini setelah ditransfer ke Cosmo Pro.

Dibalik layar adegan hangar X-Bomber.

Cosmo Pro menyiapkan studio baru untuk judul ini. Pada awal produksi, hanya ada 5 sampai 6 anggota staf paruh waktu, sedangkan Cosmo Pro tidak terlibat di lapangan kecuali Mikami. Karena lokasinya belum terbiasa dipakai untuk syuting menggunakan boneka, syuting sempat tertunda. Dengan penyesuaian jadwal, tanggal tayang perdana menjadi program khusus, dengan episode pertama dimulai seminggu setelahnya.

Dibalik layar adegan Putri Keeli disekap.

Rating penonton tinggi sulit dicapai karena bersaing dengan Denshi Sentai Denjiman dan Ryori Tengoku di waktu yang sama di saluran lain. X-Bomber akhirnya selesai dengan 25 episode sesuai rencana awal.


Ekspansi

X-Bomber kemudian tayang di Inggris dengan judul Star Fleet pada tanggal 23 Oktober 1982. Selain dubbing dalam bahasa Inggris, lagu tema dan musik latar juga dibuat baru. Star Fleet diproduseri oleh Sylvia Anderson, yang pada saat itu telah bercerai dari Gerry Anderson pencipta Thunderbirds.

Boneka Big Dai X.

Lagu tema versi Inggris digubah oleh Paul Bliss. Kemudian nantinya di-cover oleh Brian May dan Eddie Van Halen, para gitaris dari Queen dan Van Halen, dalam proyek yang disebut Star Fleet Project. Album ini merupakan proyek solo pertama Brian, dengan sampul album bergambar Big Dai X, robot utama di serial ini. Proyek ini terjadi karena putra Brian merupakan penggemar Star Fleet, dan Brian sendiri mengaku menyukai tokoh Putri Keeli dari episode 11. Lagu versi Star Fleet Project ini juga dibuat video musik yang menampilkan cuplikan dari beberapa episode serialnya.

Di Prancis, judulnya menjadi BOMBER X, dengan lagu tema baru dibuat khusus untuk penayangan di negara ini. Musik latar kebanyakan masih sama dengan versi Jepang.


Sumber:

  • https://ja.wikipedia.org/wiki/X%E3%83%9C%E3%83%B3%E3%83%90%E3%83%BC
  • http://www.sfxb.co.uk/
  • http://www.xbomber.co.uk/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar