Rabu, 07 Oktober 2020

45 Tahun Akumaizer 3

 


7 Oktober 1975, tokusatsu karya Shotaro Ishinomori ini memulai episode perdananya.


Latar Belakang

Salah satu judul "pahlawan berkelompok" yang diproduksi sebagai tanggapan atas kepopuleran Himitsu Sentai Goranger. Akumaizer juga masih sama-sama tayang di NET (sekarang TV Asahi) dan diciptakan oleh Ishinomori. Sejak awal dibuat sebagai cerita seorang anggota organisasi kejahatan yang jiwa keadilannya bangkit dan melawan para mantan rekannya, dan rasa sedih Zabitan (atau Xavitan menurut buku S.I.C Hero Saga) sang tokoh utama juga digambarkan.


Produksi

Judul ini diproduksi sebagai pahlawan yang tidak berubah wujud karena Henshin Boom (demam pahlawan berubah wujud) sedang mereda saat itu. Akumaizer mengandalkan suit actor dan pengisi suara pada mayoritas tokohnya baik protagonis maupun antagonis untuk menghemat anggaran. Produser Takeyuki Suzuki mengaku anggaran judul ini cukup ketat, hanya setengah dari Kamen Rider

Citra ketiga tokoh utama yaitu Zabitan, Evil dan Gabra berdasarkan novel The Three Musketeers karya Alexandre Dumas. Karakterisasi para tokohnya dibuat lebih dalam dari pahlawan biasanya. Disiapkan beberapa bentuk mata pada topeng untuk Zabitan dan Evil, yang bisa diganti tergantung ekspresi yang ingin ditampilkan. Tapi menurut produser Toru Hirayama, agak sulit untuk menampilkan kemanusiaan Zabitan jika hanya seperti ini, dan mengatakan, "pada akhirnya, tetap harus menampilkan wajah manusia."

Latar cerita suku Akuma (setan) mengikuti tren dari Occult Boom setahun sebelumnya. "Downworld" yang menjadi inti cerita ini terinspirasi dari teori Bumi Berongga oleh Edmond Halley pada akhir abad ke-17 yang kembali populer pada saat itu.

Produksi dilakukan di Toei Ikuta Studio. Karena Goranger dan Kamen Rider Stronger sedang diproduksi pada waktu yang sama, tidak ada studio khusus untuk Akumaizer sehingga syuting dilakukan tengah malam maupun pagi-pagi. Tapi produser Suzuki menampik pernyataan itu dalam sebuah wawancara di buku Toei Hero Max Volume 2 tahun 2002.

Suzuki mengaku khawatir dengan casting pengisi suara karena tidak adanya aktor sebelum berubah wujud, dan para pengisi suara disini mayoritas berasal dari Aoni Production. Pada saat itu tidak ada ruangan dubbing di Ikuta Studio, dan peralatan dibawa ke sebuah ruangan beralas tanah di Daiei Tokyo Studio untuk melakukan dubbing. Makio Inoue, pengisi suara Zabitan, mengatakan, "Lingkungannya tidak bagus, tidak seperti di TAVAC (studio rekaman lain)." Para pengisi suara lain mengatakan Inoue sampai bertengkar dengan asisten sutradara mengenai masalah ini, sehingga dia memutuskan untuk menyewa studio.


Perubahan

Pada paruh kedua cerita, Zabitan dapat berubah wujud menjadi manusia bernama Takeshi Nagumo mulai dari episode 17. Unsur Henshin Hero akhirnya muncul dalam Akumaizer, meski sebelumnya Zabitan juga bisa menyamar sebagai manusia yang lain. Cerita juga diberi unsur komedi yang lebih kental karena kepopuleran manga Gaki Deka, bahkan juga mulai dilakukan pada Goranger. 

Akumaizer 3 tayang sebanyak 38 episode dan langsung digantikan dengan Choujin Bibyun di tahun 1976. Meski merupakan kelanjutan, sebagian besar tokohnya tidak kembali muncul.


Penayangan Resmi

Di tahun 2020, kanal resmi Toei Tokusatsu World Official mengunggah berbagai judul tokusatsu klasik termasuk Akumaizer diantaranya. Kamu bisa menonton 2 episode pertamanya dengan terjemahan bahasa Inggris secara resmi.

Episode 1 - Mengapa? Pemberontakan Zabitan


Episode 2 - Mengapa Dia Mati? Ibu Zabitan



Kemunculan Kembali

Ketiga Akumaizer muncul kembali dengan desain yang diperbarui dalam film Kamen Rider x Kamen Rider Wizard & Fourze MOVIE Taisen Ultimatum pada tanggal 8 Desember 2012. Versi Ultimatum adalah seandainya Akumaizer tetap berada di jalan kejahatan. Zatan, versi baru Zabitan, diisi suarakan oleh Demon Kakka, musisi Jepang yang sering tampil dengan make-up ala setan.

Gahra, Zatan, Eil.



Sumber:

  • https://ja.wikipedia.org/wiki/%E3%82%A2%E3%82%AF%E3%83%9E%E3%82%A4%E3%82%B6%E3%83%BC3
  • https://dic.pixiv.net/a/%E3%82%A2%E3%82%AF%E3%83%9E%E3%82%A4%E3%82%B6%E3%83%BC3
  • "Akumaizer 3" "Choujin Bibyun" Producer Takeyuki Suzuki "" Toei Hero MAX "Vol.2, Tatsumi Publishing , 2002, pp . 90-91, ISBN 978-4886417602 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar