Jumat, 06 Oktober 2023

Informasi Produksi Kamen Rider Gaim

6 Oktober 2013, Heisei Kamen Rider ke-15 ini memulai episode perdananya. 


Pergeseran Bulan Tayang Perdana Pada Karya Ke-15

Semenjak Kamen Rider Double, Heisei Rider selalu menayangkan episode perdananya pada bulan September dengan episode terakhir di bulan Agustus. Namun karena ada penundaan dalam produksi Gaim, penayangan Kamen Rider Wizard diperpanjang sampai akhir bulan September dengan tujuan mengubah jadwal Gaim agar dimulai pada bulan Oktober. Jadwal tayang perdana di bulan Oktober ini dilakukan pada Kamen Rider sampai 3 karya berikutnya.

 

Kembalinya Banyak Rider Dalam Serial TV

Naomi Takebe, yang sebelum ini menjadi produser utama Kamen Rider OOO dan Tokumei Sentai Go-Busters, merasa ragu dengan format "dua Rider yang aktif di serial TV" yang menjadi kebiasaan berturut-turut sejak Kamen Rider Den-O. Karena pada saat itu grup idol seperti AKB48 dan kompetisi grup dalam olahraga seperti bisbol, renang dan senam profesional sedang populer, diputuskan untuk membuat Rider dalam jumlah banyak seperti pada Kamen Rider Ryuki dan Kabuto. Pada pengumuman produksi tanggal 25 Juli 2013, sudah langsung ditampilkan lima Kamen Rider sekaligus dan masih akan bertambah lagi sepanjang cerita.

Ide prajurit berbaju zirah datang dari rapat antara Takebe dan tim Rider dari Divisi Mainan Anak Laki-laki Bandai. Mereka mendapat ide bertarung dengan senjata untuk membedakan dari Wizard yang dominan menendang dan menggunakan sihir dengan efek grafis komputer. Pada saat itu idenya adalah para Rider prajurit berbaju zirah periode Sengoku yang saling bertarung satu sama lain. Namun, hanya dengan motif prajurit zirah itu sendiri saja tidak cukup menarik.

 

Motif Yang Tidak Biasa

Perlu ditambah elemen lain karena motif yang sudah ditentukan tadi hanya sekedar "keren" saja. Elemen tambahan pertama awalnya adalah jus, yang akhirnya mengarah pada penggunaan buah-buahan sebagai motif yang tidak lazim dalam tokusatsu. Elemen tambahan lain adalah kunci dan gembok, karena maknanya sebagai "membuka dan menutup pintu menuju dunia lain," yang kemudian menjadi benda koleksi dalam karya ini yang disebut Lockseed. Tim desain yang sedang memikirkan pengembangan action figure mengajukan ide visual yang khas; "buah jatuh dari langit dan menempel di kepala, kemudian terbuka untuk menjadi baju zirah," dan pemilihan motif berjalan lancar.

Buah jeruk dipilih sebagai motif dasar bagi Gaim sang Rider utama karena populer dan dikenal luas. Selain itu juga karena warna jeruk yaitu jingga menjadi pembeda dari Wizard yang dominan merah. Buah-buahan lain juga dipilih karena popularitas dan dikenali, lalu biji ek dan kacang-kacangan lainnya juga dimasukkan untuk mengklasifikasikan Lockseed.

 

Motif Ksatria Dari Berbagai Negara

Namun begitu desain karakter dimulai, proses produksinya menjadi lebih buruk. Karena tidak ada variasi ekstrim pada baju zirah yang dikenakan oleh prajurit Jepang, sulit untuk membedakan beberapa karakter. Ide untuk menambahkan motif burung seperti “tokoh utama adalah elang” dan “saingannya adalah burung bangau” akhirnya dibatalkan karena terlalu banyak motif akan menimbulkan kesan tidak serasi.

Alih-alih memperkenalkan motif burung, inovasi baru adalah memperluas cakupan baju zirah dari yang tadinya hanya Jepang menjadi seluruh dunia. Selain Gaim yang bergaya Sengoku, purwarupa desain Kamen Rider Baron bergaya Barat dan Kamen Rider Ryugen bergaya Tiongkok juga dibuat. Motif burung tidak sepenuhnya hilang karena ada motif menyerupai bulu burung pada desain Gaim.


Sabuk Transformasi Untuk Bersama

Mengenai Henshin Belt alias sabuk transformasi dalam karya ini, konsep memotong sudah direncanakan sejak awal, namun motif spesifiknya bahkan belum diputuskan pada tahap itu. Selain karena alasan yang sudah disebutkan sebelumnya, buah jeruk juga dipilih sebagai motif untuk tokoh utama karena jeruk setelah dipotong menyerupai bagian kincir angin di sabuk Typhoon milik Kamen Rider Ichigou. Usulan Bandai adalah menjadikan sabuk bagi banyak Rider dengan mengganti beberapa bagian, mengacu pada smartphone yang dapat dikustomisasi dengan mengganti cover. Tim desain terkejut dengan usulan ini, karena mereka berasumsi bahwa hanya Rider utama yang memiliki pelat wajah bergaya Ukiyo-e di sabuknya, dan sabuk Rider lainnya akan polos.

Suara yang dimainkan dari Sengoku Driver berdasarkan konsep pembacaan nama enka (lagu daerah Jepang), namun dipersingkat setelah dianggap terlalu panjang. Ada juga anggapan akan aneh kalau desain zirah berasal dari seluruh dunia tapi suaranya hanya gaya Jepang, sehingga empat gaya suara berbeda direkam, yang berubah sesuai dengan pelat wajah yang menggambarkan masing-masing Rider:

  • Rider gaya Jepang (Gaim, Zangetsu, Kurokage): terompet kerang dibunyikan sebelum berperang dan pendahuluan seperti enka.
  • Rider gaya Barat (Baron, Gridon): terdengar keriuhan sebelum berangkat berperang dan sorak-sorai penonton.
  • Rider gaya Tiongkok (Ryugen): gong dan teriakan adu bela diri.
  • Rider modern (Bravo, Knuckle): kombinasi suara gitar dan elektronik, dengan panggilan pengantar seperti gulat.


Banyak Zirah, Banyak Senjata

Di sisi lain, terdapat juga kontroversi mengenai desain senjata yang akan dibawa oleh masing-masing karakter. Tim mainan berasumsi bahwa pedang akan menjadi senjata yang umum, karena didasarkan pada motif panglima perang, namun Takebe keberatan dengan hal tersebut. Setelah mempertimbangkan dengan cermat pentingnya perubahan bentuk Kamen Rider, Takebe merasa bahwa presentasi konvensional "bentuk api" dan "bentuk air" adalah terbatas, dan menghimbau bahwa "jika setiap zirah memiliki senjata khusus, menggantinya akan mengubah posisi berdiri."

Dari sudut pandang penjualan mainan, beragam senjata akan sulit untuk dijual semuanya, sehingga Kiyoto Nishizawa dari Bandai mengusulkan "senjata seperti pisau Swiss Army yang berubah menjadi pedang, busur, dan pistol dalam keadaan utuh," tetapi idenya ditolak. Sebagai kompromi, diputuskan bahwa hanya karakter utama (Gaim) dan saingannya (Zangetsu) yang akan dilengkapi dengan pedang. Diputuskan juga bahwa karakter utama akan dilengkapi dengan dua pedang yaitu Musou Saber, pedang yang digunakan bersama dengan saingannya, dan Daidaimaru, senjata unik untuk Orange Arms, sehingga tercipta konsep Arms Weapon yaitu senjata yang terikat pada baju zirah. Diputuskan juga bahwa komersialisasi mainan Narikiri (bermain peran) akan dibatasi pada senjata Rider utama, dan senjata lain menjadi aksesoris untuk action figure.


Penulis Baru Dalam Tokusatsu

Salah satu fitur utama dari Gaim adalah partisipasi anggota staf yang sebelumnya pernah bekerja untuk Nitroplus. Direktur Nitroplus yaitu Gen Urobuchi sebelumnya pernah menulis untuk video game dan anime, dan karya ini menandai pertama kalinya dia menjadi penulis utama untuk tokusatsu maupun live-action. Ketertarikan Takebe padanya terpicu ketika dia menonton versi film Mahou Shoujo Madoka Magica. Melalui Tomokazu Sugita, yang dahulu pernah mengisi suara Kivat di Kamen Rider Kiva yang Takebe produseri, dan mengisi suara untuk anime Suisei no Gargantia yang ditulis oleh Urobuchi, kontak akhirnya bisa terjalin antara produser dan penulis ini.

Gen Urobuchi

Meski baru pertama kali menulis tokusatsu, Urobuchi banyak terinspirasi dari beberapa karya Kamen Rider dalam penulisannya sebelum Gaim karena memang sudah menggemari waralaba ini. Beberapa contohnya adalah game Kyuketsu Senki Vedogonia dan anime Blassreiter. Karyanya yang paling terkenal saat itu yaitu Madoka sering dibanding-bandingkan dengan Ryuki oleh para fans karena ada beberapa kemiripan. 

Karena sulit baginya untuk menulis sendirian karena jadwalnya, Urobuchi berpartisipasi dengan nama Nitroplus daripada sebagai individu. Dia membentuk tim sastra dengan penulis dari Nitroplus, yang membuatnya lebih mudah ketika harus mengerjakan ulang. Tim ini juga menyertakan Nobuhiro Mori yang memiliki pengalaman menulis skenario untuk Heisei Rider. Selain penulis, ada juga desainer dari Nitroplus yaitu Akihiro Yamada, Niθ, and Chuo Higashiguchi yang mendesain beberapa Inves yaitu monster dalam karya ini.


Pengaruh Dunia Nyata Terhadap Cerita

Karya ini memiliki warna pertarungan jalanan yang kuat. Berbeda dengan Ryuki, yang merupakan battle royale di mana Rider saling membunuh demi keinginan mereka sendiri, masing-masing Rider dalam karya ini bertarung bukan karena keserakahan pribadi tetapi sebagai perwakilan dari kelompok masing-masing yang berjuang demi "buah emas" daripada untuk keinginan pribadi mereka. Jika Kamen Rider Kuuga didasarkan pada ketakutan anak-anak akan pembunuh berantai akibat terorisme di Jepang pada masa itu, Gempa Bumi Besar Jepang Timur, yang menjadi hal paling ditakuti anak-anak saat karya ini tayang, menginspirasi unsur supranatural erosi Hutan Hellheim dalam karya ini.

Urobuchi diminta untuk membuat cerita yang serius dan kembali ke suasana Heisei Rider awal, tetapi sulit untuk membayangkan pahlawan yang serius dari motif seperti buah-buahan dan gembok yang telah diputuskan. Oleh karena itu, pada tahap awal cerita, Armored Rider dan Lockseed digambarkan sebagai "mainan" yang digunakan dalam permainan Inves, dan cerita tersebut disusun sedemikian rupa sehingga secara bertahap berubah dari suasana ceria menjadi perkembangan yang lebih serius. Berdasarkan motif buah, Urobuchi menyusun cerita berdasarkan Buah Terlarang dalam Kitab Suci Perjanjian Lama.

Konsep kembali ke masa awal Heisei Rider juga untuk memecah gaya "2 episode untuk 1 kasus/cerita" yang terlalu sering dilakukan pada beberapa tahun terakhir. Meskipun gaya Heisei Rider sebelumnya hanya menentukan latar dan pandangan dunia di awal dan secara bertahap memantapkan pengembangan dan akhir seiring berjalannya cerita, struktur hingga akhir karya ini ditentukan dari awal, dan banyak adegan petunjuk yang disisipkan sejak awal. Memang ada beberapa penyesuaian karena jadwal para aktor dan kolaborasi dengan versi film layar lebar, tapi alur cerita hingga episode terakhir kira-kira sesuai dengan apa yang Urobuchi bayangkan sejak awal, dan sering diumumkan dalam wawancara dan media lain semasa sedang tayang.


Penayangan Resmi

Dalam rangka perayaan 50 tahun waralaba Kamen Rider di tahun 2021, setiap akhir minggu kanal Youtube resmi Toei Tokusatsu World Official mengunggah dua episode pertama setiap judul Kamen Rider dengan terjemahan bahasa Inggris termasuk Gaim.

Episode 1 - Berubah! Jeruk Dari Langit!?


Episode 2 - Pamungkas! Tendangan Nanas!


 

Materi Di Luar Serial TV Yang Bervariasi

Karena menjadi karya Heisei Rider ke-15, perayaan lustrum juga dilakukan pada Gaim tapi bukan sebagai tema utama seperti Kamen Rider Decade. Perayaan terlihat pada media diluar serial TV mulai dari film musim dingin Tenkawakeme no Sengoku Movie Daigassen dimana keempat Rider mengenakan Legend Rider Arms berdasarkan Double sampai Wizard. Gaim sebagai yang ke-15 membuat jumlah Heisei Rider setara dengan Showa Rider (BLACK dan BLACK RX dianggap terpisah) sehingga film Kamen Rider Taisen yang tayang pada musim semi 2014 mempertemukan keduanya. 

Karena fokus pada Showa dan Heisei Rider, film musim semi yang masih jadi bagian dari Super Hero Taisen sejak tahun 2012 ini mengurangi porsi Super Sentai. Sebagai gantinya Gaim bertemu dengan Ressha Sentai ToQger dalam episode spesial selama 1 jam sebagai promosi film Kamen Rider Taisen. Untuk pertama kalinya sejak Decade mengunjungi dunia Samurai Sentai Shinkenger di tahun 2009, pertemuan antara Kamen Rider dan Super Sentai yang sedang tayang dilakukan pada episode televisi.

Gaim kemudian memiliki beberapa episode khusus sebagai promosi untuk film tokusatsu Toei yang akan tayang. Tapi agar tidak mengganggu alur cerita utama, dibuat alasan agar episode ini tidak masuk dalam cerita utama meski masih masuk jumlah episode. Episode 30 menampilkan pertemuan Gaim dengan Jiro alias Kikaider sebagai promosi untuk film Kikaider REBOOT, lalu episode 37 menampilkan Baron yang terlempar ke dunia alternatif bertema sepakbola sebagai promosi film musim panas Gaim. Kedua episode ini tidak ditulis oleh Urobuchi melainkan Nobuhiro Mori.



Sumber

  • https://www.kamen-rider-official.com/riders/15
  • https://www.kamen-rider-official.com/columns/wiki/1737/
  • https://ja.wikipedia.org/wiki/%E4%BB%AE%E9%9D%A2%E3%83%A9%E3%82%A4%E3%83%80%E3%83%BC%E9%8E%A7%E6%AD%A6/%E3%82%AC%E3%82%A4%E3%83%A0
  • https://dic.pixiv.net/a/%E4%BB%AE%E9%9D%A2%E3%83%A9%E3%82%A4%E3%83%80%E3%83%BC%E9%8E%A7%E6%AD%A6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar