Rabu, 04 Oktober 2023

Informasi Produksi Bishojo Senshi Sailor Moon

4 Oktober 2003, adaptasi live action dari manga dan anime berjudul sama ini memulai episode perdananya. Untuk membedakan dari versi manga dan anime, versi ini biasa ditulis Pretty Guardian Sailor Moon atau disingkat PGSM.


Berasal Dari Manga Yang Terinspirasi Oleh Tokusatsu

Sebelum membahas versi live action, kita kilas balik dahulu mengenai manga/anime aslinya. Pada awal tahun 1991, Naoko Takeuchi, yang sedang mengerjakan manga The Cherry Project, mendapat saran dari Fumio Osano, pendiri majalah RunRun, untuk membuat "cerita aksi tentang gadis cantik dengan sailor fuku." Dia membuat manga pendek Code Name wa Sailor V, yang kemudian menarik perhatian orang-orang terlibat yang sedang mencari pengganti anime Kingyo Chuiho untuk ketika tamat nanti. Sailor V kemudian dikerjakan ulang menjadi Sailor Moon sebagai proyek media campuran; bab pertama manga pada 28 Desember 1991 di majalah Nakayoshi dan episode pertama anime pada 7 Maret 1992 di TV Asahi.

Naoko Takeuchi bersama Zyuranger.

Takeuchi mengatakan inspirasinya adalah Bishojo Kamen Poitrine dan serial Super Sentai. Bisa dilihat dari Sailor V yang bertopeng seperti Poitrine, dan para Sailor Senshi sebagai pahlawan berkelompok layaknya Sentai. Meski terhitung sebagai sesama produk Toei, kepopuleran Sailor Moon membuat Fushigi Comedy, waralaba tokusatsu dimana Poitrine menjadi bagiannya, kalah telak dalam penjualan mainan. Fushigi Comedy selesai pada tahun 1993 lewat Yugenjikko Sisters Shushutorian, dan versi live action Sailor Moon ini menjadi untuk pertama kalinya dalam 10 tahun ada tokusatsu Toei bertema kelompok pahlawan wanita.


Versi Live Action Setelah 10 Tahun

Sailor Moon menjadi waralaba yang sangat sukses baik di dalam maupun luar Jepang, dan setelah lebih dari 10 tahun, versi drama televisi akan segera dibuat. PGSM menjadi proyek kerjasama antara Toei, Dentsu dan Chubu-Nippon Broadcasting Co., Ltd (CBC). Sebagian besar staf untuk adaptasi live action ini telah mengerjakan Kamen Rider Ryuki setahun sebelumnya, diantaranya adalah sutradara Ryuta Tasaki dan penulis Yasuko Kobayashi. Berbeda dari Kamen Rider dan Super Sentai yang sudah rutin tayang di TV Asahi sejak tahun 2000, PGSM akan tayang di TBS dan menjadi tokusatsu Toei pertama yang tayang disana dalam 15 tahun sejak Kamen Rider BLACK RX

Produksi dimulai pada bulan Juni 2003. Total ada 1152 orang yang mengikuti audisi yang berlangsung selama satu minggu dan dinilai oleh Takeuchi sebagai salah satu juri. Pada akhirnya, kelima Sailor Senshi yang terpilih sama-sama berasal dari Stardust Promotion. Acara pengumuman produksi dilakukan di Yokohama pada tanggal 31 Juli 2003, dan kelima pemeran yaitu Miyu Sawai (Usagi Tsukino/Sailor Moon), Chisaki Hama (Ami Mizuno/Sailor Mercury), Keiko Kitagawa (Rei Hino/Sailor Mars), Miyu Azama (Makoto Kino/Sailor Jupiter) dan Ayaka Komatsu (Minako Aino/Sailor Venus) pertama kali tampil di depan publik sambil mengenakan kostum Sailor Senshi mereka.


Penyesuaian Untuk Live Action

Karena perubahan format dari manga/anime menjadi live action, banyak hal yang perlu disesuaikan. Pada versi manga/anime, model dan warna rambut para tokohnya disamakan untuk sebelum maupun sesudah transformasi. Sedangkan pada live action, dibuat rambut hitam natural pada wujud manusia biasa mereka dan rambut berwarna akurat dengan anime setelah transformasi. Rambut warna-warni dan tindikan aksesori ala tokoh anime dibatasi pada penghuni dunia fantasi.

Latar abad 20 dari manga/anime aslinya diubah menjadi abad 21 mengikuti waktu tayangnya. Untuk menyesuaikan zaman, beberapa hal turut diubah seperti misalnya pena untuk penyamaran di manga/anime menjadi ponsel di live action. Game Center Crown, tempat bermain game yang menjadi markas Sailor Senshi di manga/anime, disini menjadi Karaoke Crown yang sesuai namanya adalah tempat karaoke.

Karena merupakan serial tokusatsu dengan waktu tayang satu tahun, PGSM hanya mengadaptasi cerita Dark Kingdom yaitu bagian pertama dari keseluruhan manga. Tentunya ada beberapa perubahan agar tidak sekedar mengambil dari sumbernya. Dibalik berbagai perubahan ini, masih banyak hal yang tetap sama dari manga/anime, mulai dari desain karakter setelah transformasi seperti yang sudah dibahas, dan Keiko Han kembali mengisi suara si kucing Luna seperti pada versi anime.


Tokoh & Wujud Baru Khusus Live Action

Selain penyesuaian dan perubahan yang sudah dibahas di atas, PGSM turut menambahkan unsur baru seperti tokoh dan wujud yang belum ada pada versi manga/anime. Dimulai dari Mio Kuroki, utusan Queen Beryl yang muncul sejak episode 29. Selain itu ada Hina Kusaka, teman masa kecil Mamoru Chiba/Tuxedo Kamen yang awalnya bertunangan dengannya.

Dalam serial ini, si kucing Luna nantinya bertransformasi menjadi Sailor Luna, seorang Sailor Senshi berwujud anak kecil. Tokoh ini mengingatkan akan Chibiusa dari versi manga/anime yang baru muncul setelah babak Dark Kingdom. Rina Koike, pemeran Sailor Luna, mengira dia akan memerankan Chibiusa ketika audisi karena peran Sailor Luna masih dirahasiakan pada saat itu. 

Dua diantara kelima Sailor Senshi turut mendapat wujud baru yang eksklusif pada serial ini. Sailor Mercury berubah menjadi Dark Mercury karena dicuci otak oleh Kunzite untuk sementara waktu, dan wujud ini mendapat sambutan yang baik bahkan sampai dibuat garage kit figure dengan gaya anime. Sailor Moon berubah menjadi Princess Sailor Moon, yaitu kebangkitan Princess Serenity dalam dirinya, yang memiliki kepribadian berbeda dari Usagi.


Evaluasi & Pasca Tayang

Menurut peringkat yang disusun oleh sebuah program informasi pada saat ditayangkan berdasarkan toko retail massal tertentu, produk pakaian karya ini merupakan mainan wanita terlaris selama periode penayangan Natal 2003. Menurut Survei Anak Bandai yang dilakukan pada bulan November 2003, produk ini menduduki peringkat ketiga dalam daftar mainan yang diinginkan anak perempuan berusia 3 hingga 5 tahun sebagai hadiah Natal, melampaui Ashita no Nadja yang juga dari Toei, dan menduduki peringkat kedelapan dalam kelompok usia 6 hingga 8 tahun. Total penjualan DVD berjumlah 110.000 unit hingga volume 8 per November 2004.

Selepas serialnya tamat pada Act.49 tanggal 25 September 2004, PGSM masih mendapat OV (Original Video). Mulai dari Special Act yang mengambil latar waktu 4 tahun setelah kehancuran Dark Kingdom, dan Act.ZERO yaitu prekuel tentang lahirnya Sailor V. Ryuta Tasaki sang sutradara muncul sebentar sebagai ayah Usagi di Special Act, yang bisa dibilang terasa simbolik karena sebagai sutradara dia menjadi "ayah" bagi para pemeran. Perilisan Act.ZERO juga menyisipkan dua video pendek yaitu rahasia lahirnya Tuxedo Kamen dan cerita Hina Kusaka setelah berpisah dari Mamoru.

Meski serialnya sudah tamat, kelima pemeran Sailor Senshi rutin melakukan reuni, biasanya pada saat salah satu dari mereka berulang tahun, yang disebut Senshi no Kai (Pertemuan Para Senshi). Miyu Sawai melakukan peran tamu pada beberapa tokusatsu Toei terutama Kamen Rider mulai dari Movie Taisen 2010, Wizard, Amazons dan Ex-Aid. Chisaki Hama, yang kemudian berganti nama menjadi Rika Izumi, juga berperan dalam Kamen Rider Gaim sebagai Akira Kazuraba, kakak sang tokoh utama. Setahun setelah PGSM tamat, Joji Shibue berperan sebagai Ibuki di Kamen Rider Hibiki, sehingga membuatnya sempat dijuluki "Tuxedo Kamen Rider."

Pada tahun 2019, Kishiryu Sentai Ryusoulger menjadi reuni PGSM karena pemeran Master Red, Blue dan Pink adalah Masaya Kikawada (Motoki Furuhata), Joji Shibue (Mamoru) dan Miyu Sawai (Usagi). Meski lebih seperti peran tamu, nantinya mereka mendapat spinoff sendiri dengan sub-judul The Legacy of The Master's Soul di tahun 2021. Pada Ryusoulger episode 39, Ayaka Komatsu menjadi bintang tamu, bahkan ada boneka kucing Artemis menempel di pohon Natal pada episode tersebut. 

Diantara kelima pemeran Sailor Senshi, karir Keiko Kitagawa paling naik dalam dunia akting drama dan film. Dalam setiap wawancara di kemudian hari, dia selalu menganggap PGSM, peran akting paling pertamanya, sebagai karya yang sangat penting dimana dia belajar dasar-dasar akting. Pada film anime Sailor Moon Cosmos yang dirilis 20 tahun setelah PGSM, Kitagawa mengisi suara Sailor Cosmos.


Reuni PGSM di tahun 2023.
(sumber: Instagram Miyu Sawai)

Sumber

  • https://hicbc.com/tv/sailormoon/
  • Make Up! Bishojo Senshi Sailor Moon (video liputan dimulainya produksi serial ini)
  • https://ja.wikipedia.org/wiki/%E7%BE%8E%E5%B0%91%E5%A5%B3%E6%88%A6%E5%A3%AB%E3%82%BB%E3%83%BC%E3%83%A9%E3%83%BC%E3%83%A0%E3%83%BC%E3%83%B3_(%E3%83%86%E3%83%AC%E3%83%93%E3%83%89%E3%83%A9%E3%83%9E)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar