Jumat, 17 Februari 2023

Informasi Produksi Zyuden Sentai Kyoryuger


17 Februari 2013, Super Sentai ke-37 ini memulai episode perdananya. 


Tema Dinosaurus Untuk Ketiga Kalinya

Jika karya sebelumnya yaitu Tokumei Sentai Go-Busters adalah karya yang menantang, karya ini berorientasi pada Sentai yang lugas. Motifnya adalah dinosaurus untuk ketiga kalinya, setelah Kyoryu Sentai Zyuranger dan Bakuryu Sentai Abaranger. Konsep serial ini adalah "Sentai Kuat" oleh Takahito Omori sebagai produser utama, dan "Sentai Kebenaran" oleh sutradara Koichi Sakamoto

Untuk pertama kalinya Sakamoto menjadi sutradara utama Sentai, setelah sebelumnya menjadi sutradara utama Kamen Rider Fourze dan juga terlibat dalam Power Rangers. Lalu juga Riku Sanjo, yang mulai dikenal dalam tokusatsu sebagai penulis Kamen Rider W, menjadi penulis utama Sentai untuk pertama kalinya dalam Kyoryuger, bahkan beliau sampai menulis seluruh episode termasuk materi sampingan.


Formasi Warna Tim Utama Yang Baru

Skema warna anggota awal adalah merah-hitam-biru-hijau-pink, pertama kalinya dalam Super Sentai. Untuk pertama kalinya dalam 28 tahun sejak Dengeki Sentai Changeman tidak ada warna kuning dalam tim, tapi masih digunakan sebagai warna aksen untuk setiap anggota. Sama seperti Engine Sentai Go-Onger yang dimulai dengan 5 orang tapi formasi robot pertamanya hanya dari 3 diantaranya, untuk pertama kalinya juga ada trio merah-biru-pink dari karya ini. Selain itu, pelindung bahu ditambahkan sebagai unsur baru yang tidak terlihat pada Sentai sebelumnya.


Produser Omori berkomentar bahwa meskipun kehadiran karakter kuning akan membuat penampilannya lebih mencolok, rasio anggota laki-laki ditingkatkan karena "Kyoryuger harus mengalahkan dinosaurus." Dan karena beberapa Sentai pada saat itu perempuan memerankan warna kuning, karakter kuning dihilangkan karena khawatir jika ada anggota Sentai kuning pria, akan dianggap  "kuning = feminim" oleh pemirsa anak laki-laki. Di sisi lain, Sojiro Tanaka dari Plex yang bertanggung jawab atas desain, berkomentar bahwa Omori ingin menggunakan emas untuk anggota keenam, sehingga kuning, yang warnanya mirip, dihilangkan.


Penekanan Unsur Musik & Kembalinya Unsur Lama

Fitur lainnya adalah penggabungan musik rakyat seperti samba dalam adegan transformasi dan adegan kombinasi robot. Musik digunakan sebagai pengganti efek suara mekanis, yang biasa terjadi pada karya sebelumnya, sebagai tanggapan atas saran produser Omori untuk "suara transformasi yang belum pernah terdengar sebelumnya" dan "sesuatu yang melampaui kepopuleran Kamen Rider OOO." Musik dan tarian dieksplorasi sebagai latar naratif, dan juga dimasukkan ke dalam perkembangan penting di paruh kedua cerita.

Kyoryuger juga mengembalikan beberapa unsur dari Sentai maupun tokusatsu terdahulu, mulai teks nama yang muncul di layar setiap pengenalan tokoh baru. Lalu grafis khusus setiap sebelum dan sesudah iklan (disebut eyecatch) yang sempat hilang pada Gokaiger dan Go-Busters juga kembali. Kata "Sentai", yang hanya digunakan di seri sebelumnya sebagai nama setelah transformasi, dimasukkan ke dalam kebiasaan Daigo Kiryu/Kyoryu Red untuk mengatakan, "Kami adalah Sentai!" Hal ini kemungkinan terpengaruh dari Riku Sanjo sang penulis, yang pada karya tokusatsu sebelumnya yaitu Kamen Rider W sangat menekankan apa itu Kamen Rider sebenarnya.

Dalam adegan aksi, aksi kawat yang jadi keahlian Sakamoto sering digunakan, dan penggunaan trampolin yang dihilangkan pada Go-Busters dikembalikan lagi. Arahan untuk tidak menjadikan pertempuran raksasa rutin pada karya sebelumnya dilanjutkan, dan sementara karya sebelumnya melakukan perubahan alur cerita, karya ini melakukan perubahan pada produksi layar dengan menampilkan aksi pahlawan dan robot raksasa di layar yang sama. Digunakan juga efek khusus pada set terbuka, mewarisi pengetahuan dari karya sebelumnya.

 

Kekuatan Dari Baterai & Rekan Dinosaurus

Setelah absen dalam Go-Busters, karya ini mengembalikan "benda kunci" sebagai pendukung alat transformasi, senjata dan robot, yang kali ini adalah baterai yang disebut Zyudenchi. Pada awal proyek, konsep "menggigit" memunculkan ide tentang "sumber energi bagi robot dinosaurus untuk menggigit dan makan" atau "dinosaurus kecil yang digigit," tetapi ini ditolak karena desainnya akan lucu dan robotnya akan menjadi besar. Baterai dipilih sebagai motif yang familiar yang akan dipahami anak-anak. Wajah dinosaurus juga dimasukkan ke dalam desain sebagai sisa dari usulan dinosaurus kecil.


Para robot dinosaurus yang menjadi rekan Kyoryuger disebut Zyudenryu. Gabutyra, rekan Kyoryu Red, sesuai dengan penelitian (teori) dinosaurus yang berlaku baru-baru ini, digambarkan sebagai dinosaurus dengan surai bulu di punggungnya, untuk pertama kali pada robot dinosaurus dalam Super Sentai. Adegan berlari dengan kostum awalnya dicoba untuk berjalan sendiri tapi tidak berhasil, sehingga dilakukan manipulasi dengan menangguhkannya dengan derek. Sakamoto menggunakan citra Zetsu Tengoku Battoukyo dari manga Ginga: Nagareboshi Gin dalam penggambaran pertempurannya.

Tentunya para Zyudenryu bisa bergabung menjadi robot raksasa, dengan Kyoryuzin sebagai robot pertama. Desain berbagai robot di Kyoryuger dibedakan dari Zyuranger dan Abaranger dengan dimasukkannya detail seperti pipa dan fitur mekanis lainnya. Untuk Kyoryuzin, kepala Gabutyra diposisikan di bahu kanan untuk membedakannya dari Abaren-Oh di Abaranger.


Antagonis Tentara Bermotif Dongeng

Musuh dari Kyoryuger adalah kelompok bernama Tentara Deboth. Inspirasi asli para eksekutif Deboth berasal dari teknik tinju dalam film Jackie Chan yang berjudul The Fearless Hyena. Setiap eksekutif memiliki seperangkat bahan komponennya sendiri sebagai motif desain umum selain kegembiraan, kemarahan, dan kesedihan sebagai motif desain. Simbol kartu remi ditempatkan di bagian belakang, dan karakter dari The Wizard of Oz digabungkan sebagai motif sisipan.

Meski sudah menyisipkan motif kartu remi dan dongeng terkenal, masih ada tokoh dengan motif berbeda. Salah satunya adalah Hyakumen Shinkan (Pendeta Wajah Seribu) Chaos yang desainnya terinspirasi dari Patung Liberty di Amerika, karena "kebebasan (liberty) tanpa tanggung jawab adalah kejahatan." Pada tahap rencana, namanya adalah Libadi yang terdengar seperti liberty, sehingga temanya adalah "kebebasan," sebagai kontras dari Torin, mentor Kyoryuger, yang temanya adalah "tanggung jawab."


Evaluasi & Pasca Tayang

Penjualan mainan secara keseluruhan mencapai 11 miliar yen pada kuartal ketiga, melampaui total penjualan tahunan Go-Busters (9,6 miliar yen) dan akhirnya juga melampaui Gokaiger dengan total 14,4 miliar yen. Henshin Ju DX Gaburevolver adalah pendorong penjualan yang mencatat tiga kali lipat volume dan empat kali lipat dari nilai penjualan tahun sebelumnya. Selain itu, Kamitsuki Gattai DX Kyoryuzin terjual 200.000 unit pada musim panas 2013, mencetak rekor penjualan baru dalam 10 tahun terakhir.

Selain adaptasi Amerika yang berjudul Power Rangers Dino Charge pada tahun 2015, Kyoryuger juga mendapat ekspansi ke Korea Selatan yaitu Power Rangers Dino Force Brave (Kyoryuger Brave di Jepang) pada tahun 2017. Berbeda dari Power Rangers di Amerika, Dino Force Brave dibuat sebagai sekuel dari Kyoryuger dengan anggota baru. Syuting masih banyak dilakukan di Jepang dengan membawa para aktor Korea Selatan yang sebagian besar juga bisa berbahasa Jepang, tapi versi sulih suara Jepang dilakukan oleh pengisi suara (seiyu). Diantara penyulih suara ini, ada Yamato Kinjo, pemeran Nobuharu 'Nossan' Udo/Kyoryu Blue, yang malah menyulih suara Brave Kyoryu Black, bukan Blue seperti perannya dahulu. 

Untuk merayakan perilisan Brave Frontier 2, para pemeran dan pengisi suara asli dari Kyoryuger, serta Riku Sanjo sang penulis, bersatu kembali untuk mempersembahkan kolaborasi yang dirilis pada 12 Februari 2018 di situs resmi Brave Frontier dan YouTube hingga 31 Mei di tahun yang sama. Kolaborasi ini berupa video parodi Brave Frontier sebagai Yukan Sentai, dan satu lagi adalah Brave 33.5 yang menjadi episode diantara Brave 33 dan 34. Karena rilis episode baru secara tiba-tiba, kolaborasi ini menjadi topik pembicaraan besar di media sosial, dengan penayangan mencapai lebih dari 140.000 dalam satu malam setelah rilis. Eiji Takahashi, produser Brave Frontier, mengatakan game tersebut dan Kyoryuger lahir pada tahun yang sama, dan karena koneksi "Brave" beliau mengajukan kolaborasi kepada Toei.



Sumber

  • https://ja.wikipedia.org/wiki/%E7%8D%A3%E9%9B%BB%E6%88%A6%E9%9A%8A%E3%82%AD%E3%83%A7%E3%82%A6%E3%83%AA%E3%83%A5%E3%82%A6%E3%82%B8%E3%83%A3%E3%83%BC
  • https://twitter.com/sentai_official/status/1626348230383669248

Tidak ada komentar:

Posting Komentar