Sabtu, 11 Februari 2023

Informasi Produksi Kaitou Sentai Lupinranger VS Keisatsu Sentai Patranger


11 Februari 2018, Super Sentai ke-42 ini memulai episode perdananya. Untuk menyingkat judulnya yang panjang, digunakan LupaPato sesuai pelafalannya di Jepang.


Sentai VS Sentai, Maling VS Polisi

Takaaki Utsunomiya kembali menjadi produser setelah Doubutsu Sentai Zyuohger dua tahun sebelumnya. Beliau merasa Uchu Sentai Kyuranger menjadi perubahan dalam waralaba ini, sehingga alih-alih hanya mengubah motif, dia mencoba mendobrak format Sentai tradisional itu sendiri. Berbagai ide diusulkan termasuk salah satunya adalah "semua anggotanya berwarna merah," hingga akhirnya "Sentai VS Sentai" yang ditetapkan.


Motif yang akan digunakan awalnya adalah pencuri dan detektif, tapi kemudian detektif diganti menjadi polisi karena berbagai alasan. Kedua motif tersebut dipilih karena saling berlawanan. Utsunomiya kembali mengajak Junko Komura, penulis utama Zyuohger, karena salah satu rencana motif Zyuohger dahulu adalah pencuri. 


Dua Sentai Dalam Satu Pandangan Dunia

Konflik antara dua Sentai sudah selalu dilakukan dalam seri film Super Sentai VS. Namun Utsunomiya mengatakan karya ini berbeda karena menggambarkan konflik antara dua Sentai dalam pandangan dunia yang sama, bukan dari dua serial berbeda. Jumlah anggota Sentai ditetapkan menjadi 3 lawan 3 karena 5 lawan 5 terlalu banyak, 4 lawan 4 kurang cocok, dan 2 lawan 2 tidak bisa disebut Sentai.  

Apakah kedua Sentai akan bertarung bersama atau tidak belum diputuskan pada saat wawancara sebelum siaran. Bahkan jika mereka bertarung bersama, mereka tidak akan menjadi rekan sepenuhnya. Kontras antara keduanya dibuat seperti berikut; pencuri yang melihat "masa lalu" dan memulihkan sesuatu, dan polisi yang melihat "masa depan" dan menjaga perdamaian.

Karena kedua Sentai berada di pihak berbeda, ada dua set lokasi disiapkan untuk pihak pencuri dan pihak kepolisian. Namun jika identitas asli mereka terungkap, salah satunya tidak akan dapat digunakan, jadi ketika set dibangun, diputuskan bahwa identitas Lupinranger tidak akan diketahui polisi sampai tahap akhir cerita. Komura mengaku sulit untuk memperdalam hubungan karakter sebelum transformasi tanpa mengungkapkan identitas mereka yang sebenarnya.


Para Pencuri Koleksi Misterius

Karena Lupinranger berdasarkan pencuri tetapi bukan Sentai jahat, mereka diposisikan sebagai bandit baik yang mencuri harta (Lupin Collection) dari musuhnya. Utsunomiya menyatakan bahwa Lupinranger adalah sekutu pribadi yang baik tapi berjuang untuk alasan yang egois. Selain itu, Komura dan sutradara utama Teruaki Sugihara menyatakan bahwa mereka menulis Lupinranger seolah-olah adalah pahlawan dari acara yang berbeda. Sugihara juga menambahkan elemen dark hero/anti-hero pada Lupinranger.


Nama ketiga identitas asli Lupinranger menyisipkan huruf kanji dengan unsur malam hari. Sutradara Sugihara mengatakan beliau khusus memikirkan tentang cara ketiga karakter berdiri dan berjalan untuk membuat mereka "tidak perlu keren." Mengenai kostum, mereka mengenakan pakaian formal sebagai tamu tak diundang dalam kepercayaan mereka sendiri.


Para Polisi Penegak Keadilan

Komura menulis Patranger sebagai gambaran dari Sentai tradisional, kontras dari Lupinranger yang memiliki agenda tersendiri. Utsunomiya juga menyatakan bahwa karena Lupinranger penuh tipu daya, Patranger menjadi Sentai konvensional sebagai jaminan.


Nama ketiga identitas asli Patranger menyisipkan huruf kanji dengan unsur pagi hari. Sutradara Sugihara mengatakan beliau khusus memikirkan tentang cara ketiga karakter digambarkan. "Mereka sangat bersemangat," dalam arti mereka menerima semua peluru yang terbang ke arah mereka dan berdiri di hadapan mereka tanpa mundur, sedangkan Lupinranger dengan anggun menghindari peluru.


Si "X" Di Antara Kedua Pihak

Meski karya ini sudah dimulai dengan 6 anggota Sentai, tentunya masih membutuhkan anggota tambahan diluar formasi utama sesuai tradisi Super Sentai sejak Kyoryu Sentai Zyuranger. Hadirlah Noel Takao, yang bisa berada di kedua belah pihak karena bertransformasi menjadi Lupin X dan Patren X. Wujud perubahannya juga memiliki kontras dengan masing-masing tim; Lupin X menggunakan pelindung dada dibanding ketiga Lupinranger yang ramping dan berjubah, lalu Patren X memiliki jas panjang layaknya detektif di film-film dibanding ketiga Patranger yang menggunakan pelindung pundak dan lengan.


Dalam penentuan nama, Komura memikirkan antara Takao dan Nakao, dimana kao terdengar seperti cao yang berarti kekacauan dalam bahasa Prancis, karena tokoh ini dibuat untuk mengganggu kedua Sentai. Takao dipilih karena bisa diartikan posisi untuk melihat sesuatu dari tempat yang tinggi. Komura menyebut karakter Noel bagaikan bintang musik. Unsur ini disebut-sebut sebagai calon karakterisasi Lupin Red, namun tidak diadopsi karena tidak sesuai dengan gaya serius dan akan menyulitkan penggambaran drama secara subyektif, sehingga digunakan pada anggota tambahan ini.


Para Geng Dari Dimensi Lain

Fokus karya ini adalah perseteruan antara dua Sentai, tapi pihak antagonis tradisional tetap dibuat, yaitu Isekai Hanzaisha Shudan (Kelompok Kriminal Dunia Lain) Gangler. Menurut Masato Hisa dan Masaru Matsui, yang bertanggung jawab atas desain, konsep dasarnya adalah geng, dan para anggota eksekutif mencampurkan elemen dinosaurus dalam motif wajah mereka, selain motif utama persenjataan seperti bilah pisau, senjata api, dan bahan peledak. Mereka memiliki tulang putih sebagai desain umum agar terlihat seperti spesies yang sama. Awalnya, direncanakan desain Dogranio memiliki tulang, Destra memiliki otot, dan Gauche memiliki organ dalam.

Pada rencana awal, hewan yang sudah punah akan dipilih sebagai motif monster mingguan Gangler, namun karena tidak jauh berbeda dengan makhluk hidup saat ini, seperti burung lyrebird yang diminta oleh Utsunomiya, hewan biasa dipilih sebagai motifnya. Banyak motif yang dipilih adalah binatang yang tidak sering digunakan pada monster konvensional, seperti kiwi dan hiu berjumbai. Meskipun banyak dari kemampuan setiap monster bersifat komedi, Komura menyatakan bahwa monster idealnya adalah monster yang terlihat seperti lelucon tetapi sebenarnya kejam, dan dia juga bermaksud untuk tidak membuat dirinya sendiri maupun penonton anak-anak bosan dengan tulisannya.


Evaluasi

Struktur cerita yang berpusat pada konfrontasi antara dua Sentai dan drama manusia yang terlibat di dalamnya diterima dengan baik oleh pemirsa yang lebih tua, dan LupaPato menjadi Super Sentai pertama yang memenangkan penghargaan Galaxy Sho oleh Persatuan Kritik Siaran (penghargaan bulanan Februari 2019 di kategori televisi). Selain itu, penulis skenario Koki Mitani memuji skenario LupaPato dalam kolomnya di surat kabar Asahi Shimbun, mengatakan, "Putra saya merekomendasi karya ini dan saya menontonnya sebagai kegiatan sosial, tetapi sekarang ayah dan anak, atau lebih tepatnya saya, terpikat padanya."


Dibalik drama serius dalam karya ini, LupaPato juga memiliki banyak momen komedi yang tak kalah diminati oleh penonton. Pada media sosial Twitter, kata "ebifurai" (udang goreng) dan "kitsutsuki" (burung pelatuk) sempat masuk trending karena adegan komikal di beberapa episode dalam karya ini. Episode hari Natal di LupaPato menampilkan Gangler yang ingin mengubah tradisi Natal makan ayam menjadi salmon, yang di dunia nyata malah meningkatkan penjualan salmon pada hari Natal di Jepang sejak tahun 2018.

Di sisi lain, penjualan mainan buruk, dengan penjualan domestik Bandai mencapai 6 miliar yen selama setahun penuh, terendah dari semua Sentai di abad ke-21. Sutradara efek khusus Hiroshi Butsuda berkomentar bahwa pertempuran raksasa berbasis grafis komputer "tidak berdampak pada anak-anak", dan beralih ke aksi yang lebih berbasis kostum di Sentai berikutnya.



Sumber

  • https://www.toei.co.jp/tv/lupin-vs-pat/story/
  • https://ja.wikipedia.org/wiki/%E5%BF%AB%E7%9B%97%E6%88%A6%E9%9A%8A%E3%83%AB%E3%83%91%E3%83%B3%E3%83%AC%E3%83%B3%E3%82%B8%E3%83%A3%E3%83%BCVS%E8%AD%A6%E5%AF%9F%E6%88%A6%E9%9A%8A%E3%83%91%E3%83%88%E3%83%AC%E3%83%B3%E3%82%B8%E3%83%A3%E3%83%BC
  • https://dic.pixiv.net/a/%E5%BF%AB%E7%9B%97%E6%88%A6%E9%9A%8A%E3%83%AB%E3%83%91%E3%83%B3%E3%83%AC%E3%83%B3%E3%82%B8%E3%83%A3%E3%83%BCVS%E8%AD%A6%E5%AF%9F%E6%88%A6%E9%9A%8A%E3%83%91%E3%83%88%E3%83%AC%E3%83%B3%E3%82%B8%E3%83%A3%E3%83%BC

1 komentar:

  1. Salah satu serial Tokusatsu paling favorit gw, setelah Jetman, Kamen Rider Black RX & Kamen Rider W,,, kisahnya fenomenal dan ada banyak komedi didalamnya, mengisahkan perseteruan tim sentai pencuri melawan tim sentai polisi, unik banget tp asyik,,, salah satu dr serial tokusatsu era Heisei yg jalan ceritanya bisa diikuti dan tidak rumit2 amat, tidak sperti Tokusatsu2 Heisei dan Reiwa lainnya yg ceritanya super rumit, aktingnya norak dan lebay, serasa miscasting lihatnya

    BalasHapus