Minggu, 05 Februari 2023

Informasi Produksi Kagaku Sentai Dynaman


5 Februari 1983, Super Sentai ke-7 ini memulai episode perdananya. 


Dimulai Dengan Tema Berbeda

Tema karya ini adalah "Sains dan Impian," dan proyek diluncurkan dengan kesadaran akan kata kunci dengan citra pergerakan seperti dinamis dan dinamit. Di sisi lain, sulit untuk merefleksikan citra dari kata kunci tersebut dalam desain pakaian dan topeng. Proyek kemudian dinamakan Yakyu Sentai V-Leaguer yang menggunakan bisbol (yakyu) karena merupakan motif yang stabil dan populer.

Judulnya kemudian berubah menjadi Kagaku (sains) Sentai Dynaman sampai hasil akhir. Namun karena kendala penjadwalan dan kesadaran bahwa bagaimanapun kostumnya ditata ulang tidak akan pernah sekeren seragam bisbol sebenarnya yang telah disempurnakan selama sejarah panjang, dilakukan perubahan lagi. Logo di dada yang mirip seragam bisbol sungguhan dihapus setelah sesi foto pertama sudah dilakukan, dan kostum serta topengnya sedikit dimodifikasi agar lebih mirip dengan citra Sentai tradisional. 

Sisa-sisa motif bisbol dapat dilihat pada pola lengan pendek dari desain yang telah ditentukan, pose memukul satu kaki yang dilakukan Dyna Black dan Blue, dan Grand Slam sebagai kode penggabungan Dyna Robo. Selain itu gambar Dynaman semasa masih bernama V-Leaguer terpajang dalam sebuah kalender tahun 1983.


Penekanan Pada "Ledakan"

Setelah perubahan rencana dari Sentai bisbol, penekanan ditempatkan pada citra dinamit dan gagasan menjadikan ledakan jiwa sebagai salah satu daya tarik, sehingga difokuskan pada ledakan untuk mengekspresikannya. Kata "bakuhatsu" (ledakan) digunakan berulang kali dalam lirik lagu tema, dan ekspresi visualnya juga banyak menggunakan adegan ledakan dengan napalm dan bubuk berwarna. Menurut produser Takeyuki Suzuki, jumlah bahan peledak yang digunakan mencapai rekor. Selain itu, aspek aksinya diperkuat dengan memasukkan aksi kawat menggunakan derek untuk pertama kalinya dalam serial Sentai.


Dalam hal alur cerita, karya ini mengembangkan lebih lanjut drama peningkatan kekuatan dari gerakan khusus karakter utama dalam Dai Sentai Goggle V setahun sebelumnya. Dibuat penggambaran bagaimana pihak musuh menciptakan monster yang lebih kuat, sehingga gerakan spesial para pahlawan menjadi tidak efektif, sampai mereka membuat gerakan spesial baru untuk membalikkan keadaan. Menjelang akhir serial, alur cerita yang lebih dramatis yang populer pada anime tema robot saat itu, mulai diperkenalkan sebagai percobaan.


Pengenalan Unsur Anime

Ciri utama lain dari karya ini adalah pengenalan cita rasa anime. Salah satunya adalah penampilan pemimpin musuh, Pangeran Megiddo, yang mencerminkan "bikei chara" (karakter cantik) yang populer dalam anime robot saat itu dalam karya live-action. Ini didasarkan pada gagasan Suzuki bahwa "pahlawan ditingkatkan oleh daya tarik musuh." Sebelum mulai mengerjakan seri Super Sentai, Suzuki terlibat dalam serangkaian karya Tadao Nagahama yaitu Tosho Daimos dan Mirai Robo Daltanious, yang populer karena karakternya yang indah dan kisah dramatisnya, sehingga beliau terinspirasi oleh unsur-unsur tersebut.


Berdasarkan pengalamannya dengan anime, Suzuki percaya bahwa berbeda dengan inovasi hebat anime pada saat itu, efek khusus live-action telah menjadi sangat kuno dalam hal desain, pengembangan cerita yang lengkap, dan kurangnya musuh yang menarik. Beliau telah mencoba untuk mengatasi masalah ini selama beberapa waktu. Karena itu juga, Suzuki mengajak Yutaka Izubuchi, yang beliau kenal semasa bekerja dalam anime, untuk menjadi desainer pada karya ini.

Meskipun ada beberapa yang merasa tidak nyaman dengan ide ini karena berpikir bahwa itu hanya akan layak di anime, Megiddo berhasil dengan kostum mencoloknya untuk melewati paruh pertama cerita, dimana dia menunjukkan wajah aslinya. Pada paruh akhir cerita, dia berperan aktif sebagai karakter bertopeng bernama Dark Knight, yaitu Ankoku Hero (pahlawan kegelapan) pertama dalam Super Sentai.


Perubahan Durasi Tayang

Waktu siaran dipersingkat menjadi 25 menit pada bulan April 1983. Perubahan ini dilakukan secara tiba-tiba untuk kenyamanan penyiar, dan slot 25 menit akan berlanjut hingga slot waktu siaran diubah menjadi paruh kedua pukul 7:00 pada hari Minggu 14 tahun kemudian.

Karena waktu tayang bersih adalah 17 menit tidak termasuk pembukaan, penutup, dan pratinjau, staf produksi mencoba mempersingkat waktu dengan menggunakan beberapa layar untuk menggabungkan adegan kombinasi Dyna Robo dan mengurangi trailer dari 30 detik menjadi 15 detik. Mereka juga harus bekerja keras untuk membuat sebuah drama dalam waktu yang lebih singkat. Namun, alih-alih hanya memotong bagian drama, mereka mengadopsi metode untuk meningkatkan tempo keseluruhan, yang mengarah pada pembuatan metode produksi yang unik untuk seri Super Sentai, seperti pemanggilan nama dan tindakan yang cepat. Suzuki mengatakan bahwa ketika serial tersebut kemudian kembali ke slot 30 menit, "sebaliknya, saya merasa agak melambat."


Pengembangan Mainan

Waktu penyiaran karya ini bertepatan dengan penggabungan sponsor Popy ke dalam perusahaan induk Bandai, dan logo keduanya ditampilkan di samping DX Chogokin Dyna-In-Box Dyna Robo dan Big Scale Dy Jupiter. Kemasan dan spesifikasi produk terkait juga diubah beberapa kali; fase pertama adalah versi dengan logo tradisional Popy, fase kedua menambahkan logo Bandai di bawahnya, fase ketiga mengubah warna paket dari hijau zamrud menjadi kuning hijau, dan fase keempat mengubah paket sepenuhnya dengan logo CI baru. Perubahan serupa dilakukan untuk Uchu Keiji Sharivan yang disiarkan pada periode yang sama.


Dyna Robo juga memiliki jajaran mainan yang besar, dan Chogokin Metal Robo 55 DYNAMAN DYNAROBO dirilis dengan penyebutan sebagai superalloy terkecil di dunia.


Evaluasi & Pasca Tayang

Karena rendahnya penjualan produk-produk terkait dari Goggle V, jumlah perusahaan yang mengkomersialkan karya ini menurun dari 41 menjadi 30. Meskipun Dynaman dimulai di lingkungan yang sulit, karya ini melampaui ekspektasi dan menjadi kesuksesan komersial yang besar, mencapai penjualan 9,5 miliar yen untuk Bandai. Dari sini, serial Super Sentai menjadi karya khas Bandai, dan karya selanjutnya ditargetkan mencapai 10 miliar yen. 

Di dunia nyata, dua pemeran anggota Dynaman yaitu Yu Tokita (Kosaku Nango/Dyna Yellow) dan Sayoko Hagiwara (Rei Tachibana/Dyna Pink) menikah dan dikaruniai dengan tiga anak. Pada tahun 1988, enam episode Dynaman tayang di Amerika pada acara Night Flight di kanal USA Network sebagai parodi dengan sulih suara, mendahului adaptasi Super Sentai yaitu Power Rangers beberapa tahun sebelumnya.



Sumber

  • https://ja.wikipedia.org/wiki/%E7%A7%91%E5%AD%A6%E6%88%A6%E9%9A%8A%E3%83%80%E3%82%A4%E3%83%8A%E3%83%9E%E3%83%B3
  • https://robotoydays.com/toystorage/supersentai/dynaman/dynarobo/
  • https://twitter.com/sentai_official/status/1622008838756114432


Tidak ada komentar:

Posting Komentar