Jumat, 10 April 2020

5 Tahun GARO -GOLD STORM- Sho


10 April 2015, serial televisi live-action GARO ke-5 ini memulai episode perdananya. Pada 28 April 2015, versi film layar lebarnya dengan judul sama sudah tayang lebih dahulu sebagai cerita pembukanya, dan tanggal 3 April adalah episode spesial yang membahas berbagai hal tentang film dan serial baru ini seminggu sebelum serial dimulai.


Latar Belakang 

Merupakan kelanjutan cerita dari Yami o Terasu Mono/YamiTera (Dia yang Bersinar Dalam Kegelapan), GOLD STORM Sho kembali menampilkan Ryuga Dougai sebagai tokoh utama yang menjadi Ougon Kishi (Ksatria Emas) Garo dan ceritanya terlepas dari Garo era Kouga Saejima. Hanya Ryuga dan Rian yang kembali dalam GOLD STORM, dengan lokasi kota fiktif dan sebagian besar karakter yang baru.


Konsep

Jika dahulu YamiTera hadir lebih eksperimental dengan Makoto Yokoyama sebagai sutradara utama, kini Keita Amemiya kembali menyutradarai judul live-action Garo setelah Makai no Hana (Bunga Makai) setahun sebelumnya. GOLD STORM mengembalikan penggunakan kostum fisik Makai Kishi dan Horror yang sempat hilang saat YamiTera. Kesamaan dengan YamiTera adalah cerita yang terus bersambung antar episodenya.

Sama seperti YamiTera, ada penekanan konsep kerjasama dalam adegan pertarungan. Jika YamiTera menggunakan tiga Makai Kishi, GOLD STORM membatasinya menjadi sepasang atau 2 orang. Dari pihak protagonis dengan Ryuga dan Rian, dan pihak antagonis Jinga dan Amiri.

Amemiya sebenarnya ingin kembali menampilkan Aguri dan Takeru dari YamiTera, tapi ada halangan jadwal. Jadi hubungan Ryuga dan Rian lebih ditekankan disini.


Ketika ditanya mengapa tokoh Ryume berusia sangat tua tapi diperankan oleh aktris yang masih muda (Sakina Kuwae), Amemiya mengatakan dia tertarik mengajak Kuwae karena kagum dengan peran tamunya dalam Makai no Hana episode 20. Kuwae dapat menampilkan adegan aksi yang bagus pada episode tersebut, sehingga Amemiya mengajaknya. Meski Ryume lebih banyak berada di satu tempat, tapi tak sedikit juga adegan pertarungan yang ditampilkan.

Dalam menciptakan adegan aksi Ryume, Amemiya dan tim memikirkan apa cara paling "bodoh" untuk membuatnya bertarung. Karena Ryume memiliki layar gulung di belakangnya, mereka memikirkan Ryume menggulung badannya dengan layar sehingga jadi seperti norimaki. Sejak dulu memang ide beberapa adegan aksi Garo dibuat lebih "konyol" ketika ditemukan, kemudian dibuat serius.


Casting

Selain Wataru Kuriyama sebagai Ryuga dan Miki Nanri sebagai Rian yang kembali setelah YamiTera, sisanya adalah tokoh baru seluruhnya. Tak sedikit diantaranya sudah pernah berperan dalam tokusatsu lain.


  • Jinga diperankan oleh Masahiro Inoue, yang lebih dikenal sebagai Tsukasa Kadoya/Kamen Rider Decade. Ketika sempat mengunjungi lokasi syuting Garo sebelum mendapat peran, Inoue yang memang penggemar Garo ingin meminta tanda tangan pada Amemiya, tapi karena tidak membawa kertas jadi tanda tangan Amemiya ditulis pada kartu Decade yang Inoue bawa.
  • Amiri diperankan oleh Miyavi Matsunoi, yang sebelumnya memerankan Karma di Garo Red Requiem
  • Ryume diperankan oleh Sakina Kuwae yang sebelumnya memerankan Natsume Masaki di Juuken Sentai Gekiranger
  • Yukihime diperankan oleh Momoko Kuroki yang sebelumnya memerankan Eiris di Garo Makai no Hana.
  • Daigo Akizuki/Kemono Kishi Giga diperankan oleh Tomohito Wakizaki yang sebelumnya memerankan Agent K di Ultraseven X.
  • Agou dalam versi film GOLD STORM diperankan oleh Shunya Isaka yang sebelumnya memerankan Shinya Hiraga/Riser Gant di Genseishin Justiriser.


Trivia

Adegan pertarungan di awal versi film GOLD STORM berlokasi di Warehouse Kawasaki, sebuah gedung yang terinspirasi dari Kota Bertembok Kowloon di Hong Kong. Bagian interiornya biasanya digunakan sebagai lokasi bermain game arcade. Sayangnya Warehouse Kawasaki ditutup pada akhir tahun 2019.


Masih dalam versi film GOLD STORM, ada dua aktor utama Makai no Hana yaitu Masei Nakayama (Raiga Saejima) dan Natsumi Ishibashi (Mayuri) tampil sebentar sebagai pelanggan kebab D Ringo. Tapi karena tampil saat malam dan kamera agak menjauh, wajah mereka tidak terlalu terlihat. Lihat 2 orang yang dilingkari di bawah ini.


Toko D Ringo pada versi serial GOLD STORM dipenuhi properti yang dipakai sejak Garo pertama. Kamu harus jeli untuk melihatnya.



Sumber:

  • https://ja.wikipedia.org/wiki/%E7%89%99%E7%8B%BC-GARO-_-GOLD_STORM-_%E7%BF%94
  • The Tokusatsu Network - Keita Amemiya (GARO) Interview (https://youtu.be/tksAiJUSOKw)
  • The Tokusatsu Network - GARO GOLDSTORM Shou Cast Screening Talk Show Part 1 (https://youtu.be/P1ccvkFQG0E)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar