Minggu, 05 April 2020

45 Tahun Kamen Rider Stronger


5 April 1975, serial Kamen Rider ke-5 ini memulai episode perdananya. Di hari yang sama, Himitsu Sentai Goranger juga mulai tayang di NET (sekarang TV Asahi)


Latar Belakang

Kamen Rider Amazon, judul sebelumnya, sudah sejak awal direncanakan memiliki jumlah episode paling sedikit yaitu 24 karena adanya perpindahan saluran dari MBS (Mainichi Broadcasting System) ke TBS (Tokyo Broadcasting System). TBS tidak ingin melanjutkan acara yang sejak awal dimulai pada MBS, jadi judul Kamen Rider baru segera dibuat.


Pra-produksi

Produser Toru Hirayama mengajukan ide lima Rider yang muncul sekaligus dalam judul baru ini. Tapi direktur MBS yang sudah terlibat sejak Kamen Rider pertama menentang ide ini, "sang pahlawan harus satu orang." Judul baru ini kembali menggunakan satu Rider, dan ide lima Rider kemudian menjadi judul lain yaitu Goranger yang juga menjadi basis waralaba Super Sentai.

"Semasa X dan Amazon, sejujurnya saya merasa bosan dan ingin kembali ke titik awalnya (Rider) sebagai pahlawan," kata Hirayama yang kemudian mengajukan "Kamen Rider Spark," dengan tujuan "jelas dan sederhana, seperti cahaya yang jernih." Ditambahkan juga elemen baru yaitu "manusia listrik modifikasi," pengembangan dari konsep manusia modifikasi (kaizo ningen) sejak Rider pertama. Tapi karena nama Spark sudah terdaftar hak ciptanya lebih dahulu, maka namanya diganti menjadi Stronger. Ide cerita pengembaraan mengikuti dari Dragon Rider, yaitu konsep awal yang tak jadi digunakan dalam Amazon.

Salah satu adaptasi manga
yang masih menggunakan nama
Kamen Rider Spark
Hirayama sering mendengar opini pemirsa perempuan, "Kami juga ingin menjadi Kamen Rider." Maka untuk pertama kalinya dibuatlah tokoh pahlawan wanita berubah wujud pertama dalam Rider yaitu Denpa Ningen (Manusia Gelombang Elektrik) Tackle. Tackle awalnya diajukan dihitung sebagai Kamen Rider tapi selalu ditolak oleh pihak penyiar setiap hari, sama halnya dengan proposal lima Rider.


Desain

Bagian tanduk pada topeng Stronger menggunakan bahan lateks. Topeng ini menggunakan model baru yang menghiraukan bentuk mata majemuk yang menyerupai telur seperti para Rider pendahulunya. Tapi ketika digunakan, suit actor kesulitan untuk melihat. Meski sudah dilubangi di banyak tempat, tapi hanya bisa melihat dari satu lubang saja.

Menurut Nori Maezawa yang bertanggung jawab dalam pemodelan, pada saat itu hanya ada metode untuk membengkokkan akrilik transparan dengan cetakan yang ditekan, tapi harus membuat lubang karena terus kembali ke permukaan rata. Pada paruh awal serial digunakan versi lubang bulat, tapi berikutnya versi lubang berbentuk chevron lebih sering digunakan. Pada adegan aksi menggunakan motor dan trampolin, digunakan versi lubang lebih besar untuk memastikan penglihatan.

Bagian dada merah menyerupai pelindung pada olahraga futbol Amerika. Huruf S tak hanya merupakan akronim dari Stronger, tapi juga berdasarkan Superman, sebagai pelopor seluruh pahlawan super. Stronger tidak memiliki tambahan bahu pada saat pertemuan fotografi pertama. Ketika menentukan desain, gesper sabuk bentuknya sama dengan tanduk.

Kostum awal Stronger tanpa bagian bahu.
Tetsuya Nayashiki, suit actor Showa Rider utama termasuk Stronger, mengatakan tak hanya dia sulit melihat sambil mengenakan helm, tapi juga tanduknya berat dan kesulitan bergerak karena pelindung bahu.

Wujud peningkatan kekuatan Stronger sudah dipertimbangkan sejak tahap perencanaan. Pada desain kasar dari pihak Ishimori, ada usul seperti pengembangan tanduk dan pemotong elektrik yang muncul dari bahu. Pengembangan tanduk nantinya diadaptasi dalam Kamen Rider Agito. Topeng menggunakan bentuk baru, dan tanduk dibuat dengan mengikat pelat aluminium. Pada sesi foto, tidak ada garis perak di dada.


Produksi

Motor Stronger yaitu Kabutorow memiliki 3 unit untuk syuting; off-road, on-road dengan basis Suzuki GT380, dan untuk adegan aksi berbasis Suzuki Hustler 250. Meski detilnya agak berbeda satu sama lain, seperti warna dan bentuk knalpot, warna dan posisi pemasangan spatbor, penutup belakang yang tidak semuanya menggunakan, semuanya dianggap satu motor yang sama.


Motor versi aksi merupakan uji coba ringan yang dikenalkan berdasarkan opini stuntman motor Toshiaki Kumazawa, dan karakteristiknya didemonstrasikan sepenuhnya pada adegan pembuka. Tapi karena bubuk mesiu meledak dan merusak secara langsung di bawah kendaraan saat syuting episode 6, kemudian tidak dilakukan lagi. Pada paruh kedua serial, ditambahkan kaca spion.

Proposal pada judul ini termasuk fokus pada aksi sepeda motor, sehingga dekorasi yang tak diperlukan dihilangkan. Kumazawa mengatakan, "Karena purwarupa motornya dipertahankan, menjadi lebih mudah dikendarai di seluruh seri." Tapi, Kumazawa terpaksa harus dirawat di rumah sakit karena henti jantung sementara ketika salah satu adegan ledakan saat syuting, dan digantikan seorang anggota Kumazawa Auto Company.

Pada desain studi oleh Ishimori, ada rencana motor bisa terbang dengan sayap dan baling-baling. Tapi kemudian tidak jadi karena ingin aksi sepeda motor yang lebih cepat.


Monster mingguan dari kelompok antagonis Black Satan disebut Kikaijin (奇械人). Namanya merupakan plesetan dari kata aneh (奇怪) dan mesin (機械) yang sama-sama dibaca kikai. Nama yang tak jadi digunakan adalah Kaiborg. Delza Gundan (Tentara Delza) pada tahap perencanaannya dinamakan Dark Angels.


Pemeran



Shigeru Araki sebagai Shigeru Jo/Kamen Rider Stronger
  • Tak lama setelah menjadi aktor, Araki mengikuti audisi untuk program anak-anak, dan menarik perhatian produser Yoshinori Watanabe. Watanabe memintanya memilih diantara Kamen Rider, Goranger, atau Condorman. Karena hanya tahu Rider, Shigeru menjawab, "Saya ingin memerankan Kamen Rider." Pada saat itu terpilihlah Araki sebagai Stronger.
  • Memiliki pengalaman karate, judo dan futbol, suit actor Masaru Okada mendeskripsikan Araki sebagai pemain muda, "Intuisinya sangat bagus sehingga tak terasa ini pengalaman pertamanya." Araki melakukan adegan berbahaya sendiri seperti Hiroshi Miyauchi.
  • Araki baru mendapatkan surat izin mengemudi sepeda motor sesaat sebelum syuting dimulai, tapi sudah sering mengendarai motor ayahnya sejak semasa SMP. Dia merasa motor tipe motocross yang pertama dia kendarai dalam Stronger itu menarik.
  • Suka memanjat dan jatuh pada gunung berbatu bersama seorang stuntman pada waktu luang, sampai membuat sutradara marah.
  • Pada pengumuman produksi Stronger, Araki mengaku tidak punya pengalaman akting, tapi ingin terus menambah pengalaman. Tokoh Shigeru Jo sangat berbeda dari Araki, tapi dia berpikir untuk mencoba lebih lemah lembut. Paruh kedua serial menampilkan sisi lembut Shigeru Jo.

Kyoko Okada sebagai Yuriko Misaki/Denpa Ningen Tackle
  • Okada sendiri yang mengenakan kostum Tackle ketika syuting. 
  • 3 minggu latihan di Ono Kenyukai, kemudian juga baru mendapatkan surat izin mengemudi sepeda motor. 
  • Karena masih amatir, aksi fisik tidak terlalu banyak. Untuk menutupinya, dilakukan adegan seperti "melempar gelombang elektrik," dan para musuh tinggal berakting jatuh sendiri.
  • Berteman baik dengan Takeshi Sasaki, pemeran Hayato Ichimonji/Kamen Rider Nigou bahkan setelah Okada pensiun dari akting.


Episode Terakhir Kamen Rider

Pada awalnya Stronger direncanakan untuk memiliki 52 episode alias setahun penuh. Tapi rating pemirsa terus menurun, hingga rating di daerah Kansai jatuh sampai dibawah Kanto. Ini karena waktu tayang dimajukan 30 menit lebih awal, sehingga tidak konsisten dengan waktu anak-anak pulang sekolah di Kansai, dimana matahari sudah terbenam.

Mainichi Broadcasting meluncurkan "Kampanye Peningkatan Program" pada bulan Juni, tapi akhirnya memutuskan untuk menghentikan serial Kamen Rider pada judul ini. "Mari selesaikan ketika masih populer," kata Yoichi Sakon dari pihak Mainichi Broadcasting.

Episode 39 yang tayang pada 27 Desember 1975 menjadi episode terakhir dan menampilkan seluruh Kamen Rider pendahulu Stronger dengan aktor aslinya pada waktu yang sama. Jadwal para aktor ini agak sulit disesuaikan, tapi akhirnya semua bisa berkumpul untuk syuting selama satu hari.


Shotaro Ishinomori sang pencipta Kamen Rider turut menjadi sutradara bersama Minoru Yamada. Dipromosikan sebagai "episode terakhir Kamen Rider," ini adalah pertama dan terakhir kalinya ketujuh aktor asli Kamen Rider ini tampil dalam satu layar. Selesai syuting episode terakhir, mereka mengadakan pesta bersama.

Meski sudah tamat, seminggu setelahnya pada tanggal 3 Januari 1976 ditayangkan sebuah acara spesial berjudul "Semuanya Berkumpul! 7 Kamen Rider!!" Ceritanya mengambil lokasi di Taman Hiburan Korakuen, dimana Tobei Tachibana menceritakan tentang 7 Kamen Rider yang ditampilkan dalam penayangan adegan-adegan terdahulu. Ketujuh aktor Kamen Rider juga semuanya kembali, karena syuting sebenarnya dilakukan sebelum syuting episode 39. Acara spesial ini merupakan terakhir kalinya Toru Okazaki memerankan Amazon.

Perjuangan Kamen Rider pun telah selesai...... Sampai 4 tahun kemudian...




Sumber:

  • https://ja.wikipedia.org/wiki/%E4%BB%AE%E9%9D%A2%E3%83%A9%E3%82%A4%E3%83%80%E3%83%BC%E3%82%B9%E3%83%88%E3%83%AD%E3%83%B3%E3%82%AC%E3%83%BC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar