Sabtu, 14 September 2024

Informasi Produksi Satria Garuda BIMA X

14 September 2014, serial tokusatsu kerjasama Ishimori Production dan Media Nusantara Citra (MNC) ini menayangkan episode spesialnya. Seminggu sebelumnya pada tanggal 7 September, sebuah episode spesial dengan sub-judul The Beginning tayang lebih dahulu.

 

Kelanjutan Tokusatsu Indonesia

Sesuai judulnya, Bima X adalah kelanjutan dari BIMA Satria Garuda yang tayang setahun sebelumnya. Produksi sekuel ini sudah dilakukan sejak bulan Januari 2014, sebulan setelah episode terakhir Bima. Penampilan baru sang pahlawan utama pertama kali ditampilkan secara resmi pada acara konferensi pers di MNC Tower Kebon Sirih, Jakarta Pusat pada tanggal 25 Juni 2014.

Pada acara konferensi pers ini, Reino Barack sebagai produser eksekutif kedua serial ini mengumumkan Bima X akan tayang sebanyak 50 episode, dua kali lipat dari Bima. Anggaran lebih besar dari serial pertamanya, dan proses syuting dilakukan selama 10 bulan. Satu minggu sebelum episode pertama, ditayangkan episode spesial yang disebut The Beginning (atau The Movie pada iklan) yang berdurasi hampir 1 jam dan menjadi jembatan antara BIMA Satria Garuda ke BIMA X.

Grup band Ungu masih kembali menyanyikan lagu pembuka yang kali ini berjudul Kembali Bertahan. Berbeda dari Seperti Bintang yang menjadi lagu pembuka sekaligus penutup pada musim pertama, Kembali Bertahan hanya menjadi lagu pembuka. Lagu penutupnya adalah Let Tomorrow Be oleh flumpool yang menggunakan lirik bahasa Jepang dan sedikit Inggris.


Satria Kakak-Beradik Dengan Penampilan Baru & Lama

Sebagai musim baru, tentunya ada penambahan yang baru juga terutama dari segi penampilan. Ray Bramasakti sang tokoh utama secara permanen tidak lagi menggunakan wujud Bima yang biasa karena telah diganti menjadi Bima X. Desainnya cukup berbeda dari Bima biasa tapi masih mempertahankan motif burung garuda dan kombinasi warna merah, perak, emas dan hitam. Senjatanya yaitu Helios juga kembali dengan desain baru.

Melanjutkan dari musim pertama, Reza Bramasakti, adik Ray, masih kembali sebagai Satria Garuda Azazel. Reza sebenarnya sudah bergabung ke pihak baik menjelang akhir musim pertama setelah awalnya Azazel muncul sebagai musuh Bima. Tidak seperti kakaknya, Azazel tidak mengalami peningkatan kekuatan atau perubahan desain.


Batu Kekuatan & Wujud Alternatif

Power Stone sudah menjadi sumber kekuatan pada musim pertama tapi sebagian besar hanya secara konteks cerita. Pada Bima X, Power Stone turut hadir secara fisik sebagai benda koleksi yang juga dibuat versi mainan. Kini tak hanya Red dan Black Power Stone yang digunakan oleh para pahlawan, tapi juga beberapa warna lain. 

Ray menggunakan Red Power Stone untuk mengakses Flame Mode sebagai wujud utama Bima X. Nantinya setelah mendapat Power Stone warna-warna lain dari beberapa musuhnya, dia juga dapat bertukar wujud menjadi Storm Mode (biru), Earth Mode (hijau) dan Magnetic Mode (ungu). Helios akan berubah bentuk ke jenis senjata lain tergantung Mode yang sedang digunakan.


Satria Baru yang Mengaum

Tak hanya duet Satria Garuda, seorang Satria baru muncul pada musim kedua ini. Dimas Aksara, pemilik Aksara Corp, berubah wujud menjadi Satria Harimau Torga yang menggunakan Orange Power Stone. Alat transformasinya yaitu Torga Changer berbentuk alat genggam, yang otomatis terpasang pada pinggangnya ketika sudah dalam wujud Torga.

Meski tak sebanyak Bima X, Torga juga masih memiliki wujud lain. Dengan White Power Stone, dia dapat bertukar wujud menjadi Ice Mode. Tidak seperti Mode-mode Bima X yang mengalami perubahan desain pada topeng dan beberapa bagian lain, Torga Ice Mode berbentuk sama persis dengan wujud utamanya yaitu Thunder Mode, tapi warna wajahnya dari jingga menjadi biru, dan semua bagian warna kuning menjadi putih.


Para Eksekutif Baru Sebagai Antagonis

Mengikuti dari musim pertamanya, VUDO masih menjadi organisasi jahat dalam cerita ini. Bedanya adalah kini Black Lord yang memimpin menggantikan Rasputin yang sudah mati. Black Lord mengutus tiga eksekutif yang disebut Death Phantoms yang masing-masing berdasarkan jenis dinosaurus. Mereka adalah Rexor, Lady Mossa dan Draconer, yang menyamar sebagai manusia dengan pekerjaan masing-masing untuk berbaur dalam masyarakat.

Meski dipenuhi wajah baru, masih ada wajah lama di dalam VUDO. Topeng Besi, bawahan Rasputin pada musim sebelumnya, ternyata masih hidup dan dimodifikasi menjadi Topeng Besi Reborn. Pada cerita ini terungkap masa lalu Topeng Besi yang ternyata berhubungan dengan para Satria.


Tokoh Baru & Bintang Tamu

Selain Bramasakti bersaudara, teman-teman mereka yaitu kakak beradik Randy dan Rena Iskandar dan Paman Iwan masih kembali dalam Bima X. Tokoh reguler barunya adalah Ricca, asisten Dimas yang muncul lebih awal dari sang direktur. Mengikuti Rena yang diperankan oleh Stella Cornelia, Ricca diperankan oleh Thalia alias Tata yang saat itu masih tergabung dalam JKT48 karena serial ini masih memiliki kerjasama dengan grup tersebut.

Kedua serial Bima memiliki tokoh tamu spesial yang diperankan oleh aktor Jepang yang masih berhubungan dengan tokusatsu terdahulu. Setelah musim pertama menampilkan GACKT sebagai Noir alias Bima Legend, musim ini menampilkan Kou, seorang pengembara antar-dunia yang muncul di episode 40 dan 41. Kou yang juga adalah Satria Naga diperankan oleh Tetsuo Kurata, yang paling dikenal sebagai pemeran Kotaro Minami alias Kamen Rider BLACK dan BLACK RX.


Adaptasi Video Game & Proyek Setelahnya

Pada tanggal 8 Maret 2015, Reino Barack melalui akun Instagram resminya mengumumkan video game Bima X akan dirilis pada musim panas 2015 untuk iPhone, iPad dan Android. Diproduksi oleh Bandai Namco, game ini menggunakan genre fighting dan menampilkan berbagai karakter dari Bima X. Game ini hanya bertahan sampai sekitar tahun 2017, karena dilakukan rebrand yang berhubungan dengan proyek berikutnya.

Pada tanggal 4 Mei 2017, film layar lebar Satria Heroes: Revenge of Darkness tayang di bioskop Indonesia. Film ini menjadi kelanjutan cerita Bima X dan penutup dari cerita Ray dan teman-temannya. Berdekatan dengan perilisan film, game Bima X tadi melakukan rebranding menjadi Satria Heroes dengan tambahan karakter baru. Pada penghujung film Satria Heroes, muncul seorang Satria baru yang misterius...



Sumber

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Satria_Garuda_BIMA-X

Tidak ada komentar:

Posting Komentar