Jumat, 12 Mei 2023

Informasi Produksi Kikaider 01

12 Mei 1973, tokusatsu produksi Toei ini memulai episode perdananya. 


Karya Setelah Sang Pahlawan Android

Pada tahun 1972, NET TV (sekarang TV Asahi) meluncurkan proyek rangka acara yang disebut Henshin Taikai (Kompetisi Transformasi) yang menayangkan karya anime dan Jinzo Ningen Kikaider pada saat itu. Proyek ini terbukti sukses, sehingga keputusan untuk membuat sekuel dari Kikaider ditetapkan pada awal tahun 1973. Jiro alias Kikaider masih akan muncul, tapi dibuat tokoh baru untuk sekuel ini.

Penamaan judul sekuel sekaligus nama pahlawan baru ini awalnya sulit. Beberapa nama yang diusulkan adalah Mechander, Slider dan Kikaider Number 2. Pada akhirnya ada dua nama yang bertahan, yaitu Kikaider 01 (Zero One) dan 01 Kikaider, yang kemudian nama pertama yang dipilih.


Sang "Penerus" Yang Justru "Pendahulu"

Meski diciptakan dan tayang setelah Kikaider, Ichiro alias 01 diceritakan sebagai android pertama yang diciptakan oleh Dr. Komyoji sebelum Jiro. Nama mereka juga biasa digunakan untuk menyebutkan anak pertama (Ichiro) dan kedua (Jiro) di Jepang. Kikaider 01 bangun dari tidurnya tiga tahun setelah Jiro/Kikaider mengalahkan organisasi DARK.

Ichiro/01 & Jiro/Kikaider

Ichiro diperankan oleh Shunsuke Ikeda yang sebelumnya dikenal sebagai Takeshi Minami, anggota MAT di Kaettekita Ultraman. Karakterisasi Ichiro ditetapkan sebagai kakak laki-laki yang dapat diandalkan dalam citra pahlawan konvensional, karena mentalitas Jiro tidak populer di karya sebelumnya. Tujuannya adalah untuk menciptakan gaya yang didorong dengan semangat.

Ikeda memerankan Ichiro dengan citra Kurama Tengu yang lebih menyerupai pahlawan tradisional, dan awalnya dia belum tahu akan versi manga aslinya karya Shotaro Ishinomori. Beberapa tahun kemudian dia terkejut setelah tahu citra Ichiro versi manga sangat berbeda dengan yang dia perankan, sehingga ada rasa penyesalan. Ketika Ikeda akan merilis buku Kikaider Sanka bersama Daisuke Ban (pemeran Jiro), dia mengunjungi rumah Ishinomori untuk mewawancarai beliau. Mendengar soal penyesalan Ikeda, Ishinomori berkata, "Karya asli adalah karya asli. Karakter pada versi televisi hanya perlu menyesuaikan dengan kepribadian sang aktor," yang membuat Ikeda terharu.


Masalah Anggaran & Kembalinya Sang Penghancur

Karena syuting serial Kikaider terlambat dari jadwal, jadwal untuk serial 01 menjadi tidak fleksibel. Kenaikan biaya sponsor untuk waktu tayang jam 8 malam, sponsor untuk acara tidak tersedia, dan anggaran acara tidak mencukupi, membuat acara baru menjadi tidak diposisikan dengan baik. Staf mencoba memecahkan masalah penjadwalan dan anggaran dengan memperkenalkan kembali Hakaider, yang menjadi populer sejak serial Kikaider pertama, sebagai karakter musuh untuk serial baru, tetapi ini tidak memberikan solusi yang pasti. Banyak kostum robot yang dimodifikasi kembali dan cuplikan seperti ledakan robot di udara digunakan kembali dari serial Kikaider sebelumnya.

Hakaider kembali sebagai pemimpin Hakaider Butai (Kesatuan Hakaider), yang terdiri dari dia sendiri dan tiga Hakaider lainnya yang disebut Silver, Blue dan Red Hakaider. Hakaider ini berbeda dari yang muncul di serial sebelumnya, karena sebenarnya dia adalah Profesor Gill, pemimpin DARK yang mentransplansikan otaknya pada tubuh Hakaider baru. Ide mengenai empat Hakaider ini berasal dari penulis utama Hideyoshi Nagasaka yang mengusulkan penggunaan kostum Hakaider untuk menghemat anggaran.

 

Kemunculan Android Cantik & Perubahan Fokus Karakter

Terlepas dari kekurangan anggaran dan masalah lain dengan syuting yang dimulai pada bulan Maret, acara berjalan lancar, termasuk penyelesaian konflik senjata terakhir yang diramalkan pada tahap awal cerita, dan penggantian organisasi musuh. Namun, Daisuke Ban yang berperan sebagai Jiro, dipilih untuk menjadi pemeran utama Inazuman yang tayang berdekatan, sehingga membuatnya sulit untuk tampil di karya ini sejak paruh kedua pada babak cerita kedua. Karena itu dibuatlah android wanita bernama Bijinder (bijin = cantik) yang muncul sebagai rekan 01 mulai dari episode 30. Etsuko Shihomi, seorang siswi SMA yang tergabung dalam Japan Action Club (JAC) pada saat itu, berperan sebagai Mari, wujud manusia dari Bijinder, berkat rekomendasi kuat dari aktor Shinichi Chiba

Produser Susumu Yoshikawa dan penulis Nagasaka secara bertahap mulai mempertanyakan kepahlawanan Ichiro. Perhatian mereka beralih ke Hakaider, Bijinder, Waruder dan lainnya, yang lebih beragam dan memiliki kedalaman yang lebih manusiawi, dan paruh kedua cerita berfokus pada mereka. Yoshikawa mengatakan bahwa dia memberi penekanan khusus pada Bijinder, dan mengingat bahwa Bijinder lebih terasa sebagai karakter utama di paruh terakhir cerita.


Penayangan Resmi

Pada awal tahun 2020, kanal Toei Tokusatsu World Official dibuka di Youtube dan menayangkan beragam tokusatsu Toei terutama yang era 90an kebawah, salah satu diantaranya adalah Kikaider 01. Kedua episode perdananya bisa ditonton dalam takarir bahasa Inggris.

Episode 1 - Tak Terkalahkan!! Android Zero One Lahir!!


 Episode 2 - Apa Itu Serangan 4 Tingkat Hakaider!?


Pasca Tayang

Terlepas dari berbagai kejadian tadi, perkembangan dramatis yang mendalam dari paruh kedua cerita, yang selanjutnya mengembangkan alur cerita oleh penulis utama Nagasaka dari serial Kikaider sebelumnya yaitu "mempertahankan garis dasar sebagai karya heroik baik dan jahat sambil mengembangkan drama yang mendalam dengan karakteristik dari karya aslinya," diterima dengan baik oleh khalayak luas. Kikaider 01 menjadi sangat populer dan mencapai kesimpulan yang luar biasa. Karya penerus sempat dipertimbangkan, namun seri Kikaider selesai karena rangka acara Henshin Taikai juga selesai.

Meski tidak dibuat kelanjutannya, Kikaider bersaudara masih memiliki fans setia sampai saat ini, termasuk di luar negeri yaitu Hawaii, yang bisa dibaca pada artikel kami mengenai Kikaider pada bagian "Popularitas Di Hawaii." Selain adaptasi OVA (Original Video Animation) Kikaider 01 yang melanjutkan cerita Kikaider THE ANIMATION pada tahun 2001, Kamen Rider 555 pada tahun 2003 menggunakan motif wujud monster Hakaider Butai pada keempat Orphnoch anggota Lucky Clover yaitu naga, lipan, buaya dan udang.

Pada tahun 2019, kostum Kikaider 01 muncul pada film Kamen Rider Zi-O: Over Quartzer, tapi hanya dibalik layar saja. Adegannya adalah para masyarakat yang bersorak-sorai meneriakkan nama Zero One, tapi ini sebenarnya dilakukan untuk menyembunyikan Kamen Rider Zero-One, serial setelah Zi-O dari mata para pemeran tambahan tersebut agar tidak terjadi kebocoran. Adegan kemudian diedit dengan menggantikan Kikaider 01 menjadi Kamen Rider Zero-One pada hasil akhir.



Sumber

  • https://ja.wikipedia.org/wiki/%E3%82%AD%E3%82%AB%E3%82%A4%E3%83%80%E3%83%BC01
  • https://dic.pixiv.net/a/%E3%82%AD%E3%82%AB%E3%82%A4%E3%83%80%E3%83%BC01

Tidak ada komentar:

Posting Komentar