Sabtu, 02 September 2023

Informasi Produksi Kamen Rider Zi-O

2 September 2018, Heisei Kamen Rider ke-20 ini memulai episode perdananya. 


Memasuki Karya Kedua Puluh Sebagai Puncak Era

Heisei Kamen Rider yang dimulai oleh Kamen Rider Kuuga di tahun 2000 telah memasuki karya ke-20. Selain itu, era Heisei di dunia nyata juga akan segera berakhir di tahun 2019. Sebagai puncak dari Heisei Rider, selain perayaan dalam bentuk serial, dibuat logo khusus bertuliskan "Since 2000 Heisei 20 Kamen Rider Kicks" pada adegan pembuka, produk berkaitan, maupun situs resmi. Untuk pertama kalinya juga, Kamen Rider memiliki situs resmi tersendiri (Kamen Rider Official) dan ensiklopedia (Kamen Rider Zukan) yang mencakup seluruh karya sejak paling pertama di tahun 1971 sampai yang terbaru.

Nama Zi-O (baca: Ji-Ou) merupakan anagram dari Ouji yang berarti pangeran. Ji-Ou dalam huruf kanji (時王) berarti Raja Waktu. Notasi abjad "ZI-O" diibaratkan sebagai "2 (x) 10," sesuai dengan urutan ke-20 dari keseluruhan karya Heisei Rider.


Perayaan Dengan Berkumpulnya Karya Pendahulu

Shinichiro Shirakura, yang dikenal sebagai produser Heisei Rider sejak Kamen Rider Agito sampai Decade (kecuali Blade dan paruh pertama Hibiki), kembali menjadi produser utama. Beliau menyebutkan alasan karya ini dibuat sebagai kulminasi dari Heisei Rider adalah karena perayaan karya ke-20 ini berdekatan dengan pergantian era di Jepang. Alasan lainnya adalah karena Kamen Rider Build sebagai karya persis sebelum ini kesulitan dalam rating pemirsa meski secara penjualan mainan dan film masih tergolong sukses. Shirakura mengatakan penurunan rating pemirsa ini bukan masalah Build sendiri saja, tapi masalah yang sudah lama dihadapi waralaba ini karena menurunnya angka kelahiran.

Awalnya, Shirakura mempertimbangkan proyek ini tidak akan berhubungan dengan para Legenda, yaitu sebutan untuk para pahlawan (Kamen Rider) pendahulu. Tapi Naomi Takebe sebagai sesama produser mengatakan, "Itu adalah pelarian," sehingga diubah ke arahan ini. Penambahan unsur Legenda meningkatkan rating pemirsa sebanyak 40% seperti saat Decade dahulu.

Secara konten, jika Decade yang juga sama-sama menampilkan Kamen Rider pendahulu dibuat untuk orang yang tidak familiar dengan masing-masing karya, Zi-O berpusat pada pertarungan tiga arah antara Zi-O, Rider pendahulu dan Another Rider. Shirakura tidak mempertimbangkan untuk membedakan karya ini dari Decade maupun Den-O, yang juga didasarkan pada perjalanan waktu. Dia tidak keberatan dengan suatu unsur yang sudah pernah dilakukan selama masih menarik.


Motif Jam & Waktu Dalam Desain Maupun Cerita

Motif jam dipilih karena Kamen Rider dalam karya ini melambangkan era Heisei. Dalam usulan desain aslinya, Shirakura menyukai desain dengan tulisan "Rider" di bagian mukanya, jadi dia menambahkan elemen jam dan desain tersebut menjadi seperti yang sekarang. Setelah keputusan dibuat untuk menggunakan desain mekanis dan keren, desain tersebut kurang menarik dan memiliki kesan karakter utama ketika ditempatkan bersama Rider pendahulu, sehingga elemen teks ditambahkan ke mata majemuk dan gerakan khusus atas saran sutradara Ryuta Tasaki.

Motif desain Zi-O adalah jam tangan analog mekanik. Diputuskan bahwa huruf Katakana untuk matanya adalah "Rider", dan untuk dahi adalah "Kamen" karena akan ditempatkan di atas mata agar terlihat seperti logo pabrikan pada pelat jam tangan. Desainnya ditata agar tampak seperti Kamen Rider bagi siapapun yang melihatnya. Kata kuncinya adalah "pilot" karena dia mengendarai robot, dan mengingat fakta bahwa dia mengenakan Rider Armor, dia dibuat terlihat kuat bahkan sebagai sosok yang berdiri sendiri, dengan siluet yang bersih seperti setelan pilot dan sedikit hiasan, mengincar keseimbangan yang akan menjadikannya Rider utama yang layak.

Shirakura sebenarnya enggan membahas perjalanan waktu karena cenderung mempersulit latar cerita. Tapi kemudian sutradara Tasaki mengatakan, "Akan menjadi penipuan jika Rider berwajah jam tidak melakukan perjalanan waktu." Mirip seperti Den-O, Zi-O dan teman-temannya pergi ke masa lalu menggunakan Time Mazine untuk mengejar Another Rider

Ada usulan untuk menetapkan periode waktu di mana Ohma Zi-O berasal dari tahun 2071, 100 tahun setelah serial Kamen Rider paling pertama dalam waralaba ini. Namun usulan tersebut dibatalkan karena dipertanyakan berapa banyak pemirsa yang akan memperhatikan hubungannya dengan serial pertama. Pada akhirnya tahun 2071 diganti menjadi 2068, 50 tahun setelah Zi-O pertama kali muncul.


Tokoh Utama Yang Akan Menjadi Raja

Identitas Zi-O adalah Sougo Tokiwa, seorang murid SMA biasa saja yang bermimpi untuk menjadi raja. Karakterisasi "raja" dibuat karena kebutuhan untuk melihat Legend Rider dari sudut pandang datar tanpa mempermalukan mereka secara sengaja. Kento Shimoyama, sang penulis utama, bersaksi bahwa dia memiliki instruksi khusus untuk tidak menggunakan honorifik (-san) untuk para Legenda. 

Tsukasa Kadoya dari Decade dan Captain Marvelous dari Kaizoku Sentai Gokaiger juga merupakan karakter ore-sama (istilah tokoh pria yang terlalu percaya diri dan sombong) karena alasan yang sama, tetapi dalam karya ini, Sougo dianggap sebagai "raja" yang dapat diterima karena dia juga merupakan "pembawa acara" yang menyambut para Legenda. Karena latar ore-sama akan tumpang tindih dengan Sento Kiryu dari Build setahun sebelumnya, Sougo dibuat untuk terasa seperti "ore-sama masa depan" yang nantinya akan menjadi ore-sama. Bukan sebagai cerita pertumbuhan, tapi terinspirasi dari olahragawan Shoma Uno, yang hidup dengan kepekaan yang berbeda dari seluruh dunia tapi bisa melakukan apa saja.

Awalnya, ada proposal untuk "calon pahlawan legendaris di masa depan" sebagai latar Sougo sejak awal. Namun karena kekhawatiran itu akan membuat Sougo masa kini jadi lemah, proposal tersebut dibalik menjadi calon raja iblis sebagai bos terakhir. Nama Sougo Tokiwa berasal dari istilah Taigensougo yang berarti "kata-kata besar" dan Toki berarti waktu. Jika membaca nama lengkapnya sesuai urutan di Jepang yaitu Tokiwa Sougo, maka akan terdengar Tokiwa-so yaitu lokasi sungguhan dimana Shotaro Ishinomori sang pencipta Kamen Rider dahulu bekerja sebagai komikus, namun Shirakura mengatakan ini bukanlah tujuannya dan hanya kebetulan saja.


Baju Zirah Berdasarkan Pahlawan Pendahulu

Mengenai unsur Rider pendahulu, ide awalnya adalah membuat karakter mengendarai robot berdasarkan motif Rider masa lalu untuk membedakannya dari Decade. Namun karena masalah anggaran dan jadwal, dianggap sulit untuk menampilkan semua robot dari generasi sebelumnya, jadi robot seukuran manusia dipertimbangkan. Gagasan tentang "mengendarai robot" diubah menjadi "mengenakan robot." Namun, karena perbedaan perlakuan diantara Rider pendahulu dan sulitnya kriteria klasifikasi, elemen Rider pendahulu diintegrasikan ke dalam Rider Armor, elemen robot pada Time Mazine, dan elemen robot kecil pada Kodama Suika Arms dan lain-lain. 

Rider Armor dirancang secara melebih-lebihkan fitur Rider sehingga dapat dikenali sekilas sebagai armor yang dikenakan oleh Zi-O. Mereka dibuat untuk terlihat seperti lelucon karena armor keren kurang bermartabat dan pemirsa bosan melihatnya. Untuk membuatnya lebih mirip Heisei Rider, Rider Armor dirancang dengan bahu yang memiliki benda kunci seperti Full Bottle, Gashat dan lain-lain sesuai Rider bersangkutan.

Rider Armor untuk periode Heisei kedua (Double sampai Build) dirancang lebih dulu dari yang pertama. Tapi karena tidak ada benda yang saling bertautan pada kebanyakan periode Heisei pertama, sabuk mereka sendiri ditempatkan pada bahu, yang melanggar aturan awal untuk membuat perbedaan. Karena seharusnya ditempatkan pada kemasan ketika dikomersialkan, prioritas diberikan pada fitur yang mudah dikenali. Armor yang ditampilkan secara live action dipilih dari Heisei Rider yang relatif baru agar sesuai dengan demografi anak.

 

Kembalinya Para Legenda Era Heisei

Jika Decade sebagian besar menampilkan versi dunia alternatif dari Rider pendahulu dengan aktor lain, maka Zi-O menampilkan para pendahulu dengan pemeran aslinya seperti Gokaiger. Masih seperti Gokaiger juga, pada paruh awal cerita para Legenda ini dibuat tidak bisa bertransformasi karena eksistensi Another Rider maupun kekuatan mereka yang tertahan dalam Ridewatch, yaitu benda koleksi dalam serial ini. Hal ini dilakukan karena fokus utama cerita karya ini bukanlah para Legend Rider melainkan Zi-O dan kawan-kawan. Dibuat cerita dimana Time Jacker mengintervensi sejarah Legend Rider sesuai tahun tayang masing-masing sehingga tercipta garis waktu dimana para Legenda tidak pernah menjadi Rider dan hidup di suatu tempat, sehingga para tokoh baru dalam cerita Zi-O tidak kalah dengan pendahulunya.

Awalnya, Rider Armor berdasarkan para Legend Rider dijadwalkan untuk selesai muncul pada akhir 2018 dan penampilan para Legenda periode Heisei kedua juga selesai. Namun semakin banyak suara yang meminta agar masih ada Legend Rider yang muncul lagi. Seiring berjalannya acara, para aktor dari setiap serial pendahulu menyadari tentang konten Zi-O, dan beberapa sudah tidak sabar menunggu penampilan mereka, sehingga paruh kedua program juga menampilkan para Legend Rider dari periode pertama Heisei.

Alasan mengapa Legend Rider juga bertransformasi di paruh kedua serial adalah untuk menciptakan topik pembicaraan dan mengatasi kemerosotan di pertengahan tahun. Bulan April adalah waktunya masuk taman kanak-kanak dan sekolah, melanjutkan ke level berikutnya. Untuk mengubah cara anak-anak menikmati acara tersebut agar sesuai dengan siklus hidup mereka, dan untuk memperkenalkan suasana ceria dalam kehidupan baru mereka, Legend Rider mengubah cara penanganan program tersebut. Produser Takebe menjelaskan bahwa latarnya "melanjutkan dunia karya Legend Rider di tahun 2019,'' yang memungkinkan terjadinya transformasi.


Sang Pengendara Numpang Lewat

Tsukasa alias Decade sudah direncanakan untuk dikembangkan sebagai tokoh yang menghalangi Zi-O dan teman-temannya. Karena Decade lebih berhubungan dengan Legend Rider daripada Zi-O, pada awalnya direncanakan bahwa dia hanya akan muncul dalam beberapa episode karena latarnya. Namun karena banyak tanggapan, disarankan agar muncul lebih banyak, bahkan sampai turut menampilkan Daiki Kaito/Kamen Rider Diend dan akhir serial ini dianggap sebagai penutup bagi Decade.

Diantara para Heisei Rider, kebanyakan dari mereka adalah orang-orang suci, sedangkan Decade, yang bisa mencela diri sendiri dan secara munafik mengatakan, "Aku adalah seorang penghancur," adalah satu-satunya Kamen Rider yang dapat diperlakukan sebagai orang jahat, dan oleh karena itu ia menjadi salah satu bagian penting dalam cerita. Dianggap perlu untuk memberinya semacam perlakuan khusus daripada hanya sebagai peran tamu, dan diasumsikan dia akan dianggap sebagai musuh yang akan kalah sekitar bulan Maret sebagai bos pertengahan.


Evaluasi & Pasca Tayang

Kamen Rider Zi-O meraih penjualan mainan sebanyak 30,2 miliar yen, menjadi yang tertinggi diantara seluruh serial Heisei Rider. Jumlah ini masih belum terpatahkan oleh Reiwa Kamen Rider manapun sampai saat ini. 

Pada tanggal 9 Februari 2021, Zi-O dan Decade kembali dalam RIDER TIME Decade VS Zi-O dan Zi-O VS Decade. Terbagi menjadi dua mini-seri berbeda dengan tokoh utama yang disebut lebih dahulu pada masing-masing judul, tapi keduanya sama-sama mengembalikan beberapa tokoh dari serial Decade dan Zi-O. Zi-O VS Decade juga menjadi pertama kalinya Zi-O menggunakan Ridewatch dari Reiwa Rider yang sedang tayang pada saat itu yaitu Kamen Rider Saber.

Hari ini pada tanggal 2 September 2023, bersamaan dengan 5 tahun sejak episode perdana Zi-O dan persis saat artikel ini diselesaikan, Twitter resmi Bandai Rider Toy mengumumkan satu set Ridewatch dari beberapa Reiwa Rider terbaru mulai dari Revi dan Vice (Revice), Geats dan Gotchard, persis satu hari sebelum serial terbaru yaitu Gotchard akan tayang. Era Heisei benar-benar belum berakhir...




Sumber

  • https://www.kamen-rider-official.com/riders/20/
  • https://www.kamen-rider-official.com/columns/wiki/1378/
  • https://ja.wikipedia.org/wiki/%E4%BB%AE%E9%9D%A2%E3%83%A9%E3%82%A4%E3%83%80%E3%83%BC%E3%82%B8%E3%82%AA%E3%82%A6

1 komentar: