Kamis, 22 Desember 2022

[Toku Extra] Wawancara Nao Nagasawa Si Nanami Nono/Hurricane Blue

Serial Super Sentai sudah lama populer sejak penayangan mahakarya bersejarah Himitsu Sentai Goranger (1975-1977). Avataro Sentai Donbrothers sebagai yang paling baru telah menarik perhatian sebagai karya yang inovatif, dan Weekly Playboy No. 14 terbitan 19 Maret yang berjudul "Pahlawan Wanita Super Sentai Dalam Wajah Aslinya," menampilkan tak hanya gravure baju renang terbaru tapi juga wawancara dengan mereka, menunjukkan rasa cinta mereka terhadap serial Super Sentai.

Wawancara dengan empat pahlawan wanita ditampilkan berturut-turut dengan foto terbaru. Kali ini, Nao Nagasawa, yang memerankan Nanami Nono/Hurricane Blue dalam serial ke-26 Ninpu Sentai Hurricaneger (2002-2003) muncul. Nanami Nono adalah gadis berusia 18 tahun yang bertarung melawan Kelompok Ninja Luar Angkasa Jakanja sekaligus tampil sebagai Nana Nono, seorang penyanyi enka. Dia bergerak cepat dan adalah pengguna Cho Ninpo yang mengandalkan air. Dia berbicara tentang apa yang didapat dari serial ini, perasaannya saat itu, dan daya tarik dari serial Super Sentai.

 

─ ─ Anda berperan sebagai Nanami dalam Hurricaneger. Saya pikir semangat kompetitif Nanami dan usaha kerasnya dalam segala hal yang dia lakukan, serta kepribadiannya yang sulit dipahami, dan fakta bahwa dia tidak cekatan dengan cara apapun, membuatnya menjadi karakter yang menarik. Apakah Anda masih ingat ketika dipilih untuk memerankan Nanami di Hurricaneger?

Nagasawa: Saya ingat. Saya sedang dalam perjalanan pulang dari audisi lain, dan saya berada di kedai kopi di stasiun Osaki atau Shinagawa merenungkan hari itu dengan manajer saya. Kemudian dia mengatakan kepada saya secara blak-blakan, "Kamu telah dipilih untuk Hurricaneger." (tertawa) Dia blak-blakan, tetapi saya berpikir, "Jika dia seorang gadis Super Sentai, dia pasti Pink dan imut! Saya sangat bersemangat sehingga saya bertanya kepada manajer, "Apakah (perannya) itu Pink?" Saya sedikit tertekan. (tertawa)

Ketika saya bertanya kepada manajer tentang hal itu, dia memberi tahu saya bahwa hanya ada tiga anggota Hurricaneger dan pada awalnya tidak ada warna Pink. (tertawa) Kemudian saya ingat manajer bertanya kepada saya, "Apakah kamu bersedia melakukannya?"

 

─ ─ Hurricaneger adalah karya ke-26 dalam seri Super Sentai. Mereka telah memantapkan popularitasnya sebagai serial berumur panjang, dengan total 51 episode dan satu tahun pembuatan film. Saat itu, Anda pasti merasakan banyak kecemasan dan tekanan.

Nagasawa: Awalnya, saya tidak menyadari gawatnya situasi ini. Saya lebih senang telah lulus audisi, dan karena saya memiliki sedikit pengalaman sebagai aktris, saya terlalu cuek dan tidak takut, jadi saya tidak cemas atau khawatir. 

─ ─ Meski begitu, bukankah Anda mengalami banyak kesulitan setelah syuting dimulai?

Nagasawa: Sering dikatakan bahwa serial Super Sentai memiliki jadwal yang sulit, dan memang benar, sangat sulit. Pertama-tama, kami harus naik kereta pertama untuk sampai ke lokasi syuting tepat waktu untuk memulai syuting. (Kohei) Yamamoto, yang berperan sebagai Hurricane Yellow, dan saya kebetulan berada di stasiun yang sama, jadi mau tidak mau kami naik kereta pertama yang sama. Itulah salah satu alasan mengapa Yamamoto dan aku menjadi teman baik di tahap awal. Jadi, meskipun sulit, itu tidak sulit. Yang terpenting, saya (adalah gadis) berusia 18 tahun yang tak terkalahkan saat itu!

Namun, pelatihan ninja di pegunungan di episode pertama (Catatan: Sebagai siswa sekolah pelatihan ninja, saya harus mendaki gunung dan berlari di sepanjang bebatuan dan tepi sungai untuk menjadi seorang Hurricaneger) memang menuntut fisik. Terkadang saya bertanya-tanya, "Apakah saya akan melakukan ini selama setahun penuh..." (tertawa)


─ ─ Apakah ada kesulitan lain selain syuting?

Nagasawa: Karena kami sering syuting di pegunungan dan hutan, tidak ada kamar kecil di dekat situ. Jadi, kami punya mobil yang disebut "Layanan Toilet" yang akan membawa kami ke kamar kecil saat makan siang. Kami akan makan siang sambil mengendarai mobil, dan kemudian mobil akan membawa kami ke kamar kecil. Bagian dari pekerjaan itu sulit. Itu sebabnya saya tidak banyak minum di pagi hari. (tertawa) 

Tapi saya pikir kesenangannya melebihi kesulitannya. Setelah syuting selesai, kami bertiga yang berperan sebagai Hurricaneger akan berkumpul di restoran keluarga dekat studio untuk rapat peninjauan, dan begitulah cara kami terikat. Itu adalah pengalaman yang sangat nostalgia.


─ ─ Momen apa yang paling berkesan saat syuting?

Nagasawa: Adegan aksi di mana kami dikubur di tanah dan dipancing keluar dari tanah dengan kabel. Baru-baru ini, saya memilah-milah foto dari hari-hari Hurricaneger saya dan menemukan foto pemandangan itu. Adegan aksi kabel lebih seperti kelas olahraga daripada drama. (tertawa) Dari tanah, aku mendengar suara, "Ayo! Ayo mulai! Nao, kamu baik-baik saja?" dan saya akan menjawab dari tanah, "Ya!" (tertawa)

Ada usulan untuk menggunakan pemeran pengganti untuk aksi kabel, tetapi saya meminta untuk diizinkan melakukannya, dan akhirnya saya melakukannya tanpa pemeran pengganti. Adegan itu mungkin adalah adegan di mana saya bisa mengomunikasikan niat saya di lokasi syuting.


─ ─ Apakah ada adegan lain yang menandai titik balik bagi Anda?

Nagasawa: Adegan di mana Nanami, diperankan oleh saya, membentuk unit idola dengan tokoh antagonis Furabiijo, diperankan oleh Azusa Yamamoto (Catatan: Episode 30 "Idola dan Persahabatan"). Furabiijo, yang dikeluarkan dari organisasi musuh Jakanja, mendekati Nanami, yang juga tampil sebagai Nana Nono, penyanyi idola enka, karena semangat tertentu. Manajer Nana, yang menyaksikan hal ini, menyarankan kepada Nana agar dia dan Furabiijo membentuk unit idola, dan lahirlah duo BIJYOCCO 7.

Mereka bersimpati dan percaya pada Furabiijo, yang merupakan musuh mereka tetapi memiliki kesamaan dengan mereka, dan membentuk unit idola demi dia, hanya untuk dikhianati pada akhirnya. Saya dapat mengekspresikan setiap emosi dengan baik dan memainkan peran dari gejolak emosi yang hebat, dan untuk pertama kalinya, saya merasa percaya diri dengan penampilan saya sendiri. Saya pikir saya bisa tumbuh sebagai Nanami dan sebagai Nao Nagasawa.


─ ─ Bagaimana Anda menggambarkan pertumbuhan Anda saat itu?

Nagasawa: Untuk pertama kalinya, saya bisa berakting. Ada juru kamera yang sangat menakutkan di lokasi syuting, dan saya terus-menerus dimarahi olehnya. Tapi ketika kami sedang syuting adegan yang baru saja saya sebutkan di mana emosi Nanami terguncang, dia berkata kepada saya, "Sekarang perasaan Nao sudah terbentuk dengan kuat, ayo cepat lanjutkan syuting." Biasanya, beliau akan mengatakan, "Itu tidak cukup baik!" Jadi saya sangat senang mendengarnya dan itu memberi saya keyakinan bahwa inilah artinya menghadapi akting.

─ ─ Untuk bisa mengatakan bahwa Anda mampu menghadapi akting berarti Anda mampu mencurahkan hati dan jiwa ke dalam penampilan Anda. Saya dapat merasakan bahwa Hurricaneger memiliki pengaruh besar pada Anda sebagai seorang aktris.

Nagasawa: Selain akting, saya pikir saya diajari segalanya sejak awal, termasuk bagaimana berperilaku sebagai aktris di lapangan dan bagaimana berperilaku dalam hubungan hierarkis. Karena saya bisa menyelesaikan satu tahun di bidang seperti itu, sekarang saya merasa tidak ada lagi yang tidak bisa saya lakukan. Kemungkinannya tidak terbatas, dan saya bertanya-tanya apa yang bisa saya lakukan selanjutnya.

Juga, saya mengembangkan ikatan dengan dua orang pemeran sesama Hurricaneger hingga hari ini. Sungguh luar biasa memiliki teman seperti itu yang dapat mendiskusikan berbagai pendapat bahkan seiring bertambahnya usia, dan saya sangat berterima kasih kepada Hurricaneger.

 

─ ─ Saya mendengar bahwa selain pemeran yang memainkan karakter sesama Hurricaneger, Anda dan Azusa Yamamoto, yang memainkan peran antagonis, masih berhubungan satu sama lain.

Nagasawa: Meskipun Azusa berperan sebagai antagonis, kami adalah teman baik, dan kami tetap berhubungan dan bertemu satu sama lain. Saat syuting Hurricaneger, kami menginap di lokasi dan mandi bersama. Saat itu, Azusa dan saya sangat ribut di kamar mandi sehingga pakaian kami disembunyikan oleh seorang anggota staf perempuan. (tertawa) Saat kami pergi ke ruang ganti, kami berdua ribut lagi sambil bilang, “Pakaianku hilang!" (tertawa) 


─ ─ Serial Super Sentai berlanjut hingga hari ini. Menurut Anda apa alasan popularitasnya yang bertahan lama?

Nagasawa: Daya tarik serial Super Sentai, menurut saya, adalah mengajarkan kita semangat pantang menyerah, pentingnya sahabat, dan kekuatan untuk bangkit dari keterpurukan. Saya masih menonton serial Super Sentai bersama anak-anak saya dan merasa bahwa saya mempelajari hal-hal ini bersama mereka. Saya ingin kembali ke serial Super Sentai suatu hari nanti dalam peran sebagai komandan wanita. Itulah tujuan saya saat ini sebagai seorang aktris.


─ ─ Dan tahun ini adalah tahun peringatan 20 tahun Hurricaneger.

Nagasawa: Untuk peringatan 10 tahun, kami memproduksi film berjudul Ninpu Sentai Hurricaneger 10 YEARS AFTER, dan tahun ini para pemeran sedang merencanakan proyek menarik yang hanya bisa kami lakukan. Saya harap Anda menantikannya!


Catatan Di Luar Wawancara:
Pada saat wawancara ini dimuat di bulan Maret 2022 (versi situs web sebulan kemudian), belum diketahui kalau Ninpu Sentai Hurricaneger de Gozaru! Shushuto 20th Anniversary akan menjadi V-Cinext perayaan 20 tahun Sentai yang satu ini. V-Cinext ini diumumkan pada sesi bincang-bincang 20 tahun Hurricaneger dalam acara Tokyo International Film Festival 2022 pada tanggal 29 Oktober di tahun yang sama. Hurricaneger 20th akan tayang di bioskop terbatas di Jepang pada musim panas 2023 dan Blu-ray dan DVD pada 25 Oktober 2023. Selain itu, akan ada juga edisi khusus Blu-ray dan DVD yang termasuk dengan Oedo Medal, yang akan digunakan oleh Hurricane Red dalam film ini.


Sumber:

  • https://wpb.shueisha.co.jp/news/entertainment/2022/04/12/116026/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar